0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gerakan Mencuci Tangan

Siswa SDIT Nur Hidayah Ikuti Sosialisasi G21H

Siswi SDIT Nur Hidayah sedang mencuci tangan (dok.timlo.net/ist)

Solo — Ada pemandangan yang cukup berbeda di halaman SDIT Nur Hidayah, Solo, Sabtu (21/9). Ratusan siswa berseragam Pramuka telah berbaris rapi. Sementara di hadapan mereka ada beberapa meja yang diberi westafel buatan, botol sabun, dan sapu tangan. Mereka tampak antusias memperhatikan penjelasan dari petugas yang memakai alat gambar peraga. Ya, siswa-siswi kelas 5 paralel mengikuti “Sosialisasi Gerakan 21 Hari (G21H) Untuk Kebiasaan Sehat.”

Salah satu siswa, Bimo Bagus Satrio (10) yang ikut praktik mencuci tangan pakai sabun menuturkan pengalamannya, “Pertama tangan dibasahi air dahulu, kemudian telapak tangan diberi sabun cair, lalu digosok-gosok sampai keluar busa. Selanjutnya diusapkan ke seluruh permukaan tangan hingga di sela-sela jari. Langkah berikutnya tangan dibilas pakai air yang mengalir hingga bersih. Lalu dikeringkan memakai tissue atau kain bersih.”

Sementara siswa kelas 5 lainnya yang menjadi Petugas Dokter Kecil di SDIT Nur Hidayah, Haifa Annisa Safitri (10), mengatakan, “Sangat menyenangkan mengikuti kegiatan ini. Jadi tambah memahami cara mencuci tangan pakai sabun dengan baik. Walaupun aku sudah berusaha membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, khususnya sebelum dan sesudah makan. Apalagi aku sebagai Petugas Dokcil, sehingga harus memberi contoh baik kepada teman-teman lainnya.”

Wakil Kepala Sekolah Bagian Kehumasan SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi S.Pd sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi G21H ini. Karena tentunya akan lebih mengokohkan dan meluaskan pemahaman para siswa tentang pola hidup sehat dengan kebiasaan cuci tangan.

“Kita harapkan kegiatan para siswa mencuci tangan, khususnya sebelum dan sesudah makan akan menjadi habbit (kebiasaan) yang mengkarakter pada siswa. Dalam rangka menyukseskan gerakan ini, pihak sekolah juga sudah cukup lama menyediakan wadah sabun cair dan kain lap di beberapa tempat,” ujarnya dalam rilis yang diterima Timlo.net. (*)



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge