0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiket SIPA Diperjualbelikan Calo, Penonton Dirugikan

Penonton SIPA 2013 memadati Benteng Vastenburg, Jumat (20/9) malam (dok.timlo.net/Arini Zahrotul Jannah)

Solo — Perhelatan SIPA 2013 ternodai dengan ulah oknum calo tiket. Tampak sejumlah calo mondar-mandir di gerbang masuk Benteng Vastenburg sesaat sebelum perhelatan tahunan tersebut digelar.

Berdasarkan pantauan Timlo.net, para calo menawarkan tiket masuk perhelatan SIPA mulai dari harga Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Sejumlah penonton yang tidak mengetahui bahwa tiket tersebut dapat diperoleh secara gratis langsung kecolongan. Mereka, langsung merogoh dompet untuk membeli tiket tersebut.

Salah seorang pengunjung SIPA 2013, Okti (20) mengaku terpaksa membeli tiket SIPA di calo karena sangat ingin menonton SIPA. Sebelumnya, Okti bersama lima temannya telah berusaha mencari tiket gratis yang dibagikan panitia namun sayangnya tiket telah habis. Gadis berkerudung itu mengatakan ditawari tiket SIPA seharga Rp 20 ribu per lembar.

“Tiketnya sudah habis. Jadi terpaksa membeli di sini, tadi ditawari Rp 20 ribu (per lembar) tapi masih kita tawar. Mau gimana lagi karena tiketnya habis jadi ya mau nggak mau beli dari calo karena sangat ingin nonton SIPA. Nanti beli enam (tiket) karena ini kita berenam,” ujar mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) itu ketika ditemui wartawan di depan gerbang masuk SIPA, Jumat (20/9) malam.

Sementara itu, Risa (20) mengatakan sebenarnya ia cukup keberatan dengan tiket SIPA yang dijual oleh oknum calo apalagi dengan harga yang cukup tinggi. Ia menilai ditribusi tiket SIPA oleh panitia tidak merata sehingga tidak semua masyarakat memperoleh tiket gratis tersebut. Ia menyarankan, seharusnya jika memang gratis panitia tidak perlu menerapkan sistem tiket sebagai akses masuk ke arena SIPA. Pasalnya, penerapan sistem tiket justru memberi celah bagi oknum menyalahgunakana tiket gratis tersebut.

“Seharusnya kalau gratis ya gratis saja tidak usah pakai tiket. Kan bisa dengan stempel di tangan atau mengisi form untuk penanda masyarakat yang ingin menonton SIPA,” sesalnya.

Sementara itu, Humas SIPA 2013, Nur Aisyah menyatakan, malam itu juga pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan panitia terkait banyaknya keluhan pengunjung terkait oknum calo tiket.

“Segera kita lakukan evaluasi terkait calo yang berkeliaran yang memperjual belikan tiket SIPA ini,” tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Ketua SIPA 2013, Irawati Kusumorasri, belum dapat dimintai keterangan terkait adanya oknum calo tiket SIPA 2013.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge