0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musik Khas Korea Bius Penonton SIPA 2013

Delegasi Asal Korea, Nureum Machi tampil dalam SIPA 2013 di Benteng Vastenburg, Jumat (20/9) malam (dok.timlo.net/ Arini Zahrotul Jannah)

Solo — Lantunan alat musik khas Korea, dari kelompok Noreum Machi mengalun memeriahkan perhelatan SIPA 2013. Alat musik yang khusus dibawa dari Negeri Gingseng tersebut langsung mencuri perhatian ribuan penonton yang memadati kawasan Benteng Vastenburg, Solo, Jumat (20/9) malam.

Alat musik yang terdiri dari Kkwaenggwari, Jing, Jang-gu, dan Buk tersebut merupakan semacam alat musik perkusi. Sementara, alat musik Trap ditiup melengking yang menimbulkan kesan magis bagi para pendengarnya.

Silih berganti alat musik khas Korea tersebut bersahutan. Irama nada-nada merdu membuat kesan perhelatan SIPA 2013 kali ini makin kental berpijak pada tema yang mereka usung, yakni “The Lagend History of World Culture”.

Tak hanya unsur seni musik saja yang ditampilkan, di tengah pertunjukan delegasi asal Korea tersebut juga dipadukan dengan olah gerakan lincah yang melengkapi unsur sajian pertunjukan mereka.

Perwakilan delegasi Korea, Mr Kim Ju Hong mengaku meski kebanyakan menggunakan alat musik etnik, namun penggarapan yang mereka lakukan lebih cenderung kearah kontemporer. Namun, masih berpijak pada unsur budaya yang melekat di masyarakat Korea.

“Memang kita kemas lebih modern, tapi tanpa melupakan unsur kebudayaan Korea,” terangnya kepada wartawan usai pertunjukan.

Dirinya merasa terhormat, karena mendapat apresiasi dari masyarakat Kota Solo. Apresiasi tersebut akan menjadi motivasi untuk membuat karya-karya yang lebih spektakuler lainnya.

“Kami bahagia, karena masyarakat mengapresiasi kami,” ungkapnya.

Terkait musik yang diusungnya tersebut, tambahnya, merupakan sebuah lagu rakyat berjudul Beatnorae. Lagu tersebut biasanya dibawakan oleh para nelayan di pesisir Korea pada jaman dahulu.

“Musik ini merupakan warisan leluhur bangsa kami. Biasanya dibawakan oleh para nelayan di pinggir pesisir wilayah Korea,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge