0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SIPA 2013 Dibuka, Ratu Sima Tiba dengan Kereta Kencana

Suasana pembukaan SIPA 2013 di Benteng Vastenburg, Jumat (20/9) malam (dok.timlo.net/Arini Zahrotul Jannah)

Solo — Ikon SIPA 2013, Ratu Sima yang diperankan oleh Rachel Georghea Sentani menandai dibukanya gelaran SIPA 2013 di Benteng Vanstenburg, Solo Jumat (20/9) malam. Dengan mengendarai kereta kencana yang datang dari arah kerumunan penonton, kontan langsung mencuri perhatian penonton yang memadati tempat tersebut.

Tak hanya tampil sebagai maskot, dirinya juga tampil membawakan sebuah tari tradisi dengan iringan puluhan penari dari Sanggar Semarak Candra Kirana.

Tari khas tradisi Jawa tersebut terlihat eksotis di bawah siraman terang sinar bulan purnama. Tak hanya itu, meski tari tradisi yang ditampilkan namun aransemen musik yang rancak membuat makin energik tarian tersebut.

Tarian yang dibawakan sekitar 10 menit tersebut sebagai simbol bahwa Ratu Sima tak hanya sebagai seorang ratu (pimpinan) secara simbolik saja. Melainkan dicintai dan dihormati oleh seluruh rakyatnya. Kebijakan serta keanggunannya dalam memimpin sebuah negara merupakan pengejawantahan dari sosok pemimpin yang sempurna.

“Saya merasa bangga didaulat sebagai maskot SIPA 2013,” ucap Rachel.

Perempuan kelahiran Surakarta, 21 Maret 1993 tersebut merasa tak ada hambatan dalam membawakan tarian Jawa yang ia tampilkan. Pasalnya, saat dirinya melaju menjadi finalis Putri Indonesia 2013, dirinya juga telah mendapatkan basic tari tradisi dari Keraton Kasunanan Solo.

“Dulu pernah belajar basic tari tradisi, yakni Bondan Kendil. Ya, ada sedikit penyesuaian dengan tari yang saya bawakan di pembukaan SIPA ini,” terangnya.

Dalam pembukaan SIPA 2013 tersebut, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengapresiasi karya yang disuguhkan. Selain telah berkontribusi bagi kebudayaan Kota Solo, juga turut menyuburkan kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar Kota Solo. Terlebih, gelaran SIPA yang telah menginjak kali kelima ini telah dikenal luas oleh masyarakat, baik itu secara nasional maupun internasional.

“Pemkot Solo mengapresiasi gelaran SIPA 2013. Inilah wujud kreatif dari para warga dan masyarakat Kota Solo yang peduli akan budaya dan tradisi bangsa,” papar Rudy.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge