0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Investor Malaysia Mulai Tanam Modal Perusahaan Air Minum di Indonesia

Timlo.net — Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menggandeng investor malaysia untuk mengembangkan industri penyediaan air minum. Kerjasama ini bagian dari agenda kunjungan Menteri Kerja Raya Malaysia ke Tanah Air.

Menteri PU, Djoko Kirmanto mengatakan para investor Malaysia yang menanamkan modalnya ke Indonesia untuk perusahaan air minum di Indonesia. Intinya, hanya untuk meningkatkan kerja sama investasi di Indonesia melalui kedua kementerian ini.

“Ada lima investor Malaysia yang modalnya masuknya di bidang air minum,” ujarnya di kantornya, Jakarta, Jumat (20/9).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kerja Raya Malaysia, Datuk Haji Fadillah Bin Haji Yusuf menambahkan lima investor bidang air minum itu selama ini sudah menggelontorkan modal sebesar Rp 400 miliar.

“Kerja sama ini sudah berlangsung sejak 1996, yang juga merupakan ruang lingkup kita dengan Indonesia. Investasinya Rp 400 miliar sejak 1996,” jelasnya.

Kelima investor Malaysia itu adalah Asian Utilitied Pte, Ltd (Gadang Bhd) yang sejak 17 tahun lalu berinvestasi Rp 86 miliar menggarap layanan air minum di kabupaten Serang, Banteng. Perusahaan itu memperoleh masa konsesi 25 tahun.

Ada pula EP Matering Service Sdn Bhd, investasi awal Rp 320 miliar dengan wilayah pelayanan di Kota Serang, Banten. Masa konsesi 30 tahun dimulai sejak 2010.

Lantas Gadang Holding Bhd, menggelontorkan investasi awal Rp 30 miliar dengan masa pengelolaan 20 tahun sejak tahun 2004. Wilayah pelayanan di Sidoarjo, Jawa Timur.

Disusul Malaysia Berjaya Sdn Bhd, investasi awal Rp 54 miliar dengan masa konsensi 20 tahun sejak tahun 2008. Wilayah pelayanan di Kabupaten Gianyar, Bali.

Terakhir, Gadang Holding Bhd, investasi awal Rp 8,653 miliar dalam kerjasam royalti selama 25 tahun sejak 2008. Perusahaan ini mendapat wilayah pelayanan kecamatan Ciledug, Karang Tengah dan Pinang Kota Tangerang, Banten.

sumber : merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge