0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pabrik Kayu Terbakar, Kerugian Rp 50 Juta

Pabrik kayu UD Wreksa Rahayu, Mojosongo, Boyolali terbakar (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Sebuah pabrik kayu di jalur lingkar utara atau Dukuh Kalikiring Desa Kragilan, Mojosongo, Boyolali, Jumat (20/9) terbakar. Gudang penyimpanan pabrik laminating kayu, UD Wreksa Rahayu, ludes terbakar. Api diduga berasal dari gesekan limbah serbuk kayu yang keluar dari blower. Percikan api tersebut kemudian merembet dan membakar tumpukan limbah lainnya hingga menyebabkan kebakaran. Kerugian mencapai Rp 50 juta.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu karyawan pabrik tengah bekerja tiba-tiba dikejutkan dengna asap tebal dari gudang belakang, tempat penyimpanan limbah kayu. Tak hanya asap, api pun segera terlihat membesar membumbung ke angkasa.

Kejadian itu kali pertama diketahui oleh saksi Sriyanto (30), karyawan pabrik. Mengetahui kejadian itu, saksi pun kontan berteriak meminta tolong. Dalam waktu singkat, para karyawan pabrik pun berhamburan berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Minimnya persediaan air di pabrik membuat api semakin besar ditambah lagi dengan bahan yang tersimpan di gudang mudah terbakar. Pihak manajemen pabrik pun lantas menghubungi mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali. Tak lama kemudian Damkar datang dan langsung melakukan upaya pemadaman.

“Api baru padam sekitar satu jam kemudian,” ungkap Sri Hartini, Kepala Bagian Logistik ditemui di lokasi.

Sementara meski api sudah padam, namun petugas dibantu karyawan terus berupaya memadamkan bara yang tersisa. Pasalnya limbah di dalam gudang mudah terbakar, serta terdapat cukup banyak sekam di luar gudang yang juga ikut terbakar.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge