0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tolak Ruhut Jadi Ketua Komisi III DPR, Ini Alasan “SBY”

Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Sejumlah anggota Komisi III DPR menolak ditunjuknya Ruhut Sitompul sebagai ketua. Alasannya, Ruhut dinilai tak layak memimpin komisi yang membidangi hukum dan HAM itu.

Penolakan Ruhut ini juga dilakukan oleh ‘SBY’. Namun bukan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, melainkan tiga anggota Komisi III DPR yang dikenal lantang bicara, yakni Sarifuddin Sudding dari Fraksi Partai Hanura, Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar dan Ahmad Yani dari Fraksi PPP. Ketiga politikus ini memang sering dijuluki ‘SBY’.

Kritik keras tak tanggung-tanggung dilontarkan oleh ‘SBY’. Menurut mereka, marwah Komisi III DPR akan menjadi seperti badut jika Ruhut yang menjadi ketua.

“Saya kehabisan kata-kata. Saya hanya bisa komentar, huahaaa..haaa… Komisi III pasti akan tambah lucu. Agar Komisi III tidak menjadi komisi badut, ada peluang untuk menghindarinya dengan mengacu pada Tata Tertib Dewan dan UU MD3 pasal 52 UU MD3 soal tata cara pemilihan pimpinan alat kelengkapan DPR,” kata Bambang saat dihubungi, Kamis (19/9).

Sementara Sudding mengaku merasa tidak layak jika dirinya harus dipimpin oleh Ruhut. Karena itu, ia menolak jika harus memiliki pemimpin seperti Ruhut Sitompul.

“Komisi III ini komisi yang sangat dinamis, orang yang memimpin komisi III harus orang yang betul-betul memenuhi berbagai macam kriteria, kapabilitas, integritas, kredibilitas. Bagi saya pribadi saya enggak layak ya, saya tidak layak dipimpin oleh saudara Ruhut Sitompul. Secara pribadi, saya tidak merasa layak dipimpin Ruhut,” tutur dia.

Sementara itu, Yani juga mengungkapkan hal yang sama. Dia menilai, Ruhut belum layak karena belum pernah teruji sebagai pemimpin. “Secara kepemimpinan belum pernah teruji karena belum pernah memimpin komisi, dirinya kan selalu mengklaim lawyer 30 tahun,” tuntasnya.

Menanggapi penolakan tersebut, Ruhut bahkan menyerang balik ‘SBY’. Dia menyebut, penolakan dirinya sebagai Ketua Komisi III DPR, karena banyak pihak yang takut ketahuan praktik suap yang kerap kali terjadi di komisi hukum itu.

“Mereka terusik dengan aku menjadi ketua komisi. Sudah capek aku dengarnya. Kebayang kan kalau saya ketua,” tegas dia saat dikonfirmasi, Jumat (20/9). [cob]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge