0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bingung Terima Tamu, DPRD Solo Bangun Gedung Transit

Lokasi pembangunan Gedung Transit DPRD Solo mulai dipagari seng (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Untuk keperluan menerima tamu, DPRD Solo membangun gedung transit baru di kompleks Kantor DPRD. Pasalnya, selama ini, lembaga wakil rakyat ini kebingungan saat menerima tamu DPRD dari luar kota.

Pantaun Timlo.net di DPRD Solo, gedung baru tersebut dibangun di sisi timur, tepatnya di sebelah ruang kerja Ketua DPRD YF Sukasno. Tampak proses pembangunan berupa penggalian pondasi telah dimulai di lahan yang sebelumnya merupakan area parkir tersebut.

Sekretaris DPRD Solo, Tri Puguh Priyadi mengatakan, selama ini tamu DPRD yang jumlahnya 10 sampai 20 orang ditempatkan di Graha Paripurna. Padahal kapasitas Graha Paripurna terhitung terlalu besar untuk menerima tamu yang hanya 10-20 orang.

“Kalau di Graha Paripurna atau di Ruang Banggar kan ngoblah-oblah. Tetapi kalau ditempatkan di Ruang Komisi yang kapasitasnya lebih kecil kan juga nggak etis. Makanya kita siapkan ruang transit dan ruang penerimaan tamu,” kata Puguh saat ditemui Timlo.net, di ruang kerjanya, Jum’at ( 20/9).

Dijelaskan, gedung transit itu dirancang dua lantai. Lantai pertama untuk transit tamu dan lantai kedua sebagai ruangan utama menerima tamu dengan kapasitas maksimal 50 orang. Pembangunannya dilakukan secara bertahap selama dua tahun. Tahun ini untuk lantai satu dan tahun depan untuk pembangunan lantai dua.

“Anggaran untuk pembangunan saat ini sebesar Rp 394.706.000,- yang bersumber dari APBD 2013. Sedangkan untuk anggaran pembangunan lantai dua akan diambilkan di APBD 2014,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Komisi I Maryuwono membenarkan pembangunan gedung transit tamu memang dibutuhkan oleh DPRD. Pasalnya dibandingkan dengan daerah-daerah lain, ruangan untuk menerima tamu di DPRD Solo tergolong paling jelek.

“Saat saya berkunjung ke DPRD lain misalnya Medan, ruangan untuk menerima tamunya bagus. Kita tidak ada apa-apanya,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge