0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Segera Surati Pemerintah Pusat

Walikota Solo Tolak Program Mobil Murah

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo —  Program mobil murah yang digulirkan oleh pemerintah mendapat respon beragam. Walikota Solo FX Rudyatmo keberatan dengan adanya regulasi mobil murah tersebut.

Rudy, sapaan Walikota Solo, mengambil sikap tegas dalam menyikapi peredaran mobil murah yang siap menyerbu pasar Tanah air. Dalam waktu dekat, Pemkot Solo akan mengirim surat keberatan kepada Pemerintah Pusat terkait kebijakan peredaran mobil murah.

“Solo tidak siap insfrastrukturnya. Hanya dengan luas 44 Km persegi, tentu akan menimbulkan kemacetan,” katanya kepada wartawan, Jumat (20/9).

Pengiriman surat keberatan dari Walikota Solo bukannya tanpa alasan. Selama ini, Pemkot tengah merancang kebijakan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan yang terjadi seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan. Namun upaya tersebut justru bertolak belakang dengan kebijakan pemerintah yang mempermudah perijinan produsen mobil murah untuk melakukan penetrasi pasar di tanah air.

Lha baru merekayasa manajemen lalu lintas, belum selesai sudah didatangi mobil murah. Ya tidak akan selesai mengatasi kemacetan,” keluhnya.

Menurutnya, pemerintah harus melihat kesiapan insfrastruktur jalan raya sebelum menggulirkan program mobil murah kepada masyarakat. Sehingga, tidak ada kebijakan yang saling tumpang tindih antara pemerintah pusat dan daerah, khususnya dalam hal pembatasan kendaraan bermotor.

“Yang dipikirkan jangka panjangnya nanti menimbulkan kemacetan atau tidak. Itu dulu harusnya yang dipikirkan,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge