0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Festival Wayang Bocah Selalu Dipenuhi Penonton

Penampilan Sanggar Galuh Art, Malabar Selatan, Mojosongo, Jebres, Solo dalam Festival Wayang Bocah di Gedung Wayang Orang Sriwedari, Selasa (17/9) (dok.timlo.net/marhaendra)

Solo — Regenerasi kesenian wayang orang dinilai telah berhasil. Hal ini tak lepas dari penyelenggaraan wayang orang yang rutin diadakan tiap tahun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta. Terlebih, dalam penyelenggaraan Festival Wayang Bocah yang diadakan selama tiga hari mulai dari tanggal 16-18 September kemarin.

Antusiasme anak-anak dalam mengenal kesenian adiluhung tersebut sangat terlehat. Terlebih dukungan dari sanggar-sanggar seni yang mengenalkan kebudayaan wayang orang kepada generasi muda kepada anak-anak di Kota Solo.

“Jika Pemkot peduli dengan kelangsungan budaya wayang orang seperti ini. Saya optimis, bahwa regenerasi pemain wayang orang akan sukses,” papar Ketua Panitia Festival Wayang Bocah (FWB) 2013, Sudyanto kepada wartawan usai penutupan acara FWB di kawasan Benteng Vastenburg, Solo, Rabu (19/9) malam.

Disamping antusiasme dari peserta, lanjut Sudyanto, animo masyarakat dalam menyaksikan festival tersebut sangat luar biasa. Hampir seluruh tempat duduk yang disediakan di Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari dipenuhi penonton.

“Dari sini kita dapat melihat. Pertunjukan FWB yang diadakan selama tiga hari dengan penyelenggaraan dua hari (16-17/9) di GWO dan tanggal 18/9 diadakan di Benteng Vastenburg selalu dihadiri oleh ribuan penonton. Hal ini membuktikan bahwa, pertunjukan wayang bocah makin digemari oleh masyarakat baik dari dalam maupun luar Kota Solo,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang penonton, Suharti (45) mengaku senang menonton pertunjukan wayang orang. Ia bersama kedua cucunya sengaja datang dari Sukoharjo untuk menyaksikan penyelenggaraan wayang bocah tersebut.

“Karena pemainnya kebanyakan anak-anak jadi sekalian saya ajak kedua cucu saya. Sekaligus mengenalkan budaya Jawa kepada generasi muda sejak dini,” ucapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge