0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemenang Festival Wayang Bocah Dihadiahi Seragam

Pertunjukan Festival Wayng Bocah di Benteng Vastenburg (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Gelak tawa penonton pecah, tatkala menyaksikan sosok Bagong, Gareng dan Petruk dari Sanggar Seni Sarwi Retno Budaya saat tampil dalam Festival Wayang Bocah (FWB) 2013 yang diadakan di Benteng Vastenburg, Rabu (19/9) malam. Tak hanya guyon ‘waton’ semata, dalam penampilannya tersebut mereka juga memberikan pesan moral yang tersisip dalam guyonan-guyonan yang mereka sajikan.

“Kota Solo memiliki warisan benda sejarah yang sangat banyak. Seperti, Keraton Solo, Mangkunegaran, Benteng Vastenburg, dan masih banyak lagi. Benda-benda sejarah itu harus kita rawat. Jangan kita abaikan. Jika rumputnya panjang ya dipotong, jika rusak diperbaiki dan kalau membuang sampah ya harus pada tempatnya. Sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Solo,” ucap Bagong.

Lain halnya dengan penampilan yang dipentaskan oleh Sanggar Sono Puspa budaya. Melalui penampilan delapan bocah, mereka menyajikan dolanan bocah.

“Enaknya mainan apa ini?” tanya salah seorang bocah. Disahut bocah yang lain, “main bola saja,”. Namun, anak-anak yang lain langsung menyahut, “jangan, itu kan mainan anak laki-laki. Lebih baik kita main Cemporoa,” sahut mereka. Lalu mereka memainkan Cemporoa yang merupakan salah satu permainan tradisi khas Jawa tersebut.

Pelatih Sanggar Sono Puspa Budaya, Handoko mengatakan dirinya merasa senang diadakannya even tersebut. Karena, selain mampu meregenerasi seniman wayang orang juga mampu memberikan pembelajaran tentang seni dan budaya kepada anak-anak di Kota Solo.

“Di sanggar, kita memberikan pelatihan tari, wayang, permainan bocah dan lain sebagainya yang mengakar pada seni dan budaya tradisi. Melalui even ini, kita mengasah ketrampilan yang telah dibekalkan kepada mereka (anak-anak),” terangnya.

Sementara itu, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku akan memberikan seragam wayang kepada sanggar pemenang dalam FWB 2013. Hal itu dilakukan sebagai wujud apresiasi Pemkot terhadap pelestarian budaya yang telah dilakukan.

“Rencananya, Jumat (20/9) besok saya akan memberikan hadiah seragam wayang kepada sanggar pemenang FWB 2013. Diharapkan perwakilan dari sanggar seni dapat hadir menghadap saya,” terang Rudy.

Terkait pemenang FWB 2013, di antaranya sanggar Soerya Soemirat, Wahyu Kridha Budaya dan Sono Puspa Budaya. Sedangkan terfavorit diraih oleh Sanggar Eka Santi Budaya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge