0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Portal Katalog Buku di Perpusda Solo Dirancang

Museum Radya Pustaka Solo (doktimlo.net/dhefi)

Solo –- Sebuah portal yang berisi katalog buku, dokumen dan naskah yang ada di 4 perpustakaan di Kota Solo tengah dirancang. Penyusunan portal tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi dari digitalisasi media di kota Solo.

Keempat perpustakaan, masing-masing perpustakaan Kota Solo, Radya Pustaka, Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran akan terintegrasi dalam satu wadah media digital. Portal disusun dengan memasukkan katalog ribuan koleksi pada 4 perpustakaan tersebut.

“Selama ini mungkin masyarakat masih bingung dalam mencari referensi. Misalnya buku ini tersimpan di perpustakaan mana? Terutama dokumen-dokumen kuno yang memiliki nilai sejarah tinggi,” kata Kepala UPTD Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Solo, Radik Karyanto kepada wartawan, Kamis (19/9).

Tujuan lain pembentukan portal itu adalah untuk mensosialisasikan pada masyarakat bahwa kota Solo memiliki koleksi-koleksi buku yang memiliki nilai sejarah tinggi. Selain itu masyarakat juga bisa memiliki akses informasi secara mudah untuk mencari koleksi buku dan naskah dokumen sesuai dengan yang diinginkannya.

“Solo itu memiliki koleksi pustaka budaya yang luar biasa. Koleksi-koleksi perpustakaan tersebut bisa diakses dalam satu website,” ungkapnya.

Pembuatan portal yang berisi katalog buku 4 perpustakaan itu menurutnya selesai pada 2014 mendatang. Seiring dengan pemindahan gedung Arpusda yang baru nanti, portal tersebut akan diluncurkan kepada publik.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge