0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, Sketsa Wajah Perampok Toko Emas di Medan

ini-sketsa-perampok-toko-emas-di-medan (Dok.Merdeka.com)

Timlo.net — Polisi membuat sketsa pelaku perampokan di Jalan Pertempuran, Pulo Brayan, Medan, Kamis (19/9). Namun, baru tiga sketsa yang berhasil dibuat dari 12 pelaku perampokan dua toko emas di wilayah hukum Polresta Medan.

“Untuk sementara, baru tiga ini yang berhasil kita buat sketsanya. Yang lain menyusul, termasuk untuk perampokan yang terjadi di Pasar VII Tembung,” kata Kasat Reserse Kriminal Polresta Medan Kompol Jean Calvijn Simanjuntak, Kamis (19/9).

Sketsa tersebut dibuat berdasarkan keterangan para saksi yang sudah diperiksa. Rekaman CCTV yang diperoleh di lokasi perampokan pun turut membantu petugas.

Rencananya sketsa akan disebar di tempat-tempat umum, seperti terminal, papan iklan, serta toko emas dan kegiatan ekonomi lainnya. Selain itu, sketsa juga akan dibagikan ke kantor-kantor polisi.

Selain telah membuat sketsa sebagian pelaku, tim gabungan yang dibentuk juga menemukan perbedaan dalam kedua kasus perampokan itu. Selongsong dan proyektil yang ditemukan berbeda. Di satu lokasi menggunakan senjata revolver 38 mm, sedangkan di lokasi lain memakai pistol 9 mm.

“Untuk memastikan apakah peluru itu ditembakkan dari senjata rakitan atau bukan akan diketahui dari pengujian tim forensik,” jelas Calvijn.

Sebelumnya, Calvijn mengatakan, mereka telah mengidentifikasi empat dari 12 profil pelaku perampokan toko emas di dua lokasi berbeda. Dia belum bersedia membeberkan nama-nama, namun menyatakan pengejaran terus dilakukan hingga ke luar daerah, termasuk ke Batam dan Bengkulu. Polresta Medan juga bekerja sama dengan polres lainnya untuk menangkap para pelaku.

Seperti diberitakan, tiga perampokan toko emas terjadi dalam tempo 5 hari di Sumut. Dua di antaranya terjadi di wilayah hukum Polresta Medan, sedangkan satu lagi terjadi di Tanjungtiram, Kabupaten Batubara.

Dua perampokan di wilayah hukum Polresta Medan terjadi di Toko Emas Suranta, Jalan Pertempuran, Pulo Brayan, Jumat (13/9), dan perampokan di 3 toko emas, yaitu Toko Emas Semmy J, Permata Indah, dan P Tarigan G, di Pasar Baru, Pasar VII, Tembung, pada Selasa (17/9) sekitar pukul 10.30 WIB.

Dalam setiap perampokan ini, sedikitnya terdapat enam pelaku yang beraksi. Sebagian dari mereka memegang dan sempat meletuskan senjata api. “Kita belum bisa menyimpulkan apakah kedua perampokan ini berkaitan atau tidak, karena itu kita membuat 12 profil pelaku, 6 dari Brayan dan 6 dari Tembung,” jelas Calvijn.

sumber : merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge