0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Raperda KIP Ditarget Selesai Oktober

(Ilustrasi) Para wartawan wawancara. (Dok.Timlo.net/ Iwan Dwi Wahyu Anggara)

Solo — Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) ditargetkan selesai Oktober mendatang. Salah satu isi Raperda tersebut yaitu dimungkin terbentuknya komisi informasi.

Ketua Komisi I DPRD Solo, Mariyuwono menjelaskan adanya Raperda KIP diharapkan dapat menjamin akses masyarakat dalam mendapatkan informasi. Selain itu, pembahasan raperda itu juga sebagai tindak lanjut Undang-Undang No 14 Tahun 2008.

Disampaikannya, saat ini, masing-masing fraksi memberikan masukan untuk pembahasan raperda. Pembahasan juga melibatkan Bagian Hukum dan HAM Pemkot.

“Tiap fraksi memberikan usulan materi, untuk nanti dibahas bersama. Kami berharap, Oktober nanti penyusunannya kelar,” kata Mariyuwono kepada wartawan, Kamis (19/9) di DPRD Solo.

Dikatakannya, sebagai lembaga publik, Pemkot berkewajiban memberikan indormasi kepada publik secara terbuka dan benar.

“Dokumen publik harus bisa diakses masyarakat. Kecuali yang bersifat rahasia negara,” jelasnya.

Selain itu, tambah Maryuwono, pembahasan raperda juga akan mengatur soal pembentukan komisi informasi di tingkat kota. Pasalnya, hingga saat ini, lembaga tersebut baru ada di 20 provinsi dan tiga kabupaten/kota. Salah satu fungsi lembaga ini yaitu menyelesaikan sengketa informasi di masyarakat.

Sementara, Wakil Ketua Komisi I Dedy Purnomo membenarkan pembentukan komisi informasi menjadi salah satu poin pembahasan Raperda.

“Keberadaan KI akan mendukung pelaksanaan UU dan raperdanya. Ini masih dalam proses. Materinya masih dimatangkan,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge