0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah akan Dipindah

Solo — Dinilai sudah tidak layak, gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Solo akan dipindahkan. Lokasi baru telah dipilih untuk pemindahan gedung perpustakaan menggantikan bangunan lama yang kini berada di kelurahan Kepatihan, Jebres tersebut.

Kepala UPTD Arpusda Kota Solo, Radik Karyanto mengungkapkan, pihaknya akan mengusulkan anggaran sebesar Rp 7,5 miliar dari APBD 2014 untuk pembangunan gedung Arpusda baru. Lokasi yang dipilih untuk pembangunan gedung tersebut berada di bekas kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) yang terletak di jalan Hassanuddin.

“Rencana terdiri dari 3 lantai yang terdiri dari ruang layanan perpustakaan, teater mini dan ruang aktivitas pengembangan budaya,” katanya kepada wartawan, Kamis (19/9).
Berbagai fasilitas tambahan yang ada di perpustakaan baru nanti diharapkan bisa menambah minat kunjungan masyarakat ke perpustakaan. Seperti teater mini, misalnya. Masyarakat bisa menyaksikan pemutaran film-film edukasi sejarah dari layar proyektor yang disediakan.

“Saat ini tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan masih rendah. Kira-kira hanya 10-15 orang perhari,” ungkapnya.

Detail Engineering Design (DED) pembangunan gedung akan disusun melalui penganggaran APBD Perubahan tahun ini. Sedangkan rumusan lanjutannya akan disusun pada tahun anggaran 2014.

Saat ini, jumlah koleksi buku yang ada di arpusda sekitar 40 ribu koleksi. Rencananya, di tahun depan nanti jumlah koleksi akan ditambah menjadi sekitar 100 ribu koleksi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge