0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panpel Beri Keterangan ke Komdis, Persis Tetap Didiskualifikasi

Roy Saputra, Ketua Panpel Persis LPIS (dok.timlo.net/jci solo)

Solo —  Panitia pelaksana (Panpel) pertandingan Persis Solo versi Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), memenuhi panggilan Komisi Disiplin (Komdis) PSS di Jakarta, Rabu (18/9) kemarin. Pemanggilan Panpel Persis oleh PSSI, merupakan buntut kericuhan suporter yang terjadi di Stadion Manahan saat laga Persis kontra PSS Sleman, 4 September lalu.

“Kemarin saya memenuhi undangan Komdis PSSI untuk memberikan keterangan apa yang terjadi saat pertandingan antara Persis Solo melawan PSS Sleman di Stadion Manahan, 4 September kemarin. Tak hanya Persis, panpel PSS Sleman juga menghadap Komdis,” beber Ketua Panpel Persis, Roy Saputra, Kamis (19/9) siang.

Saat ditanya terkait sanksi oleh Komdis, Roy mengaku tak ada hukuman yang bakal diterimanya. Komdis sendiri bersikukuh untuk mendiskualifikasi Persis Solo sebelum pertandingan melawan PSS Sleman. Hasilnya, pertandingan Persis kontra PSS dianggap oleh Komdis PSSI sebagai pertandingan tidak sah.

“Tidak ada Panpel yang bisa kami hukum, karena pertandingannya kami anggap tidak ada. Panpel tidak salah, mereka tetap menggelar pertandingan karena diperintahkan LPIS,” ujar Ketua Komdis PSSI, Hinca Panjaitan.

Adapun pembelaan Persis terkait status kekalahan WO yang hanya diderita satu kali, tetap tak digubris Komdis. Persis ngotot hanya sekali kalah WO yakni dari Persifa Fak-fak. Sementara melawan Persemalra, Persis keberatan karena Persemalra sudah lebih dulu bubar.

Lepas dari perbedaan data tersebut, PSSI tetap pada keputusannya untuk mendiskualifikasi Persis. Pasalnya, tidak pernah ada laporan LPIS sebelumnya soal aksi WO Persis. Klub pun tak bisa mengajukan banding perihal status diskualifikasi, dan hanya bisa mengajukan banding mengenai jumlah dendanya.

Sementara itu, Sekretaris Persis LPIS Herry Purnomo mengklaim telah mengirim berkas banding kepada PSSI terkait status Persis yang didiskualifikasi secara sepihak oleh PSSI. “Kemarin siang materi banding baru saya kirimkan ke PSSI (Komdis). Selanjutnya kami menunggu agenda sidang berikutnya. Yang pasti kami akan berupaya untuk menyelesaikan kompetisi hingga akhir,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge