0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Oktober, Presiden China Xi Jinping Berkunjung ke Indonesia

Presiden China, Xi Jinping. @cbc.ca (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), anggota Dewan Negara atau State Councilor RRC Yang Jiechi menyampaikan rencana kunjungan Presiden China Xi Jinping pada Oktober mendatang. Selain itu, kedua belah pihak juga membicarakan sejumlah kerjasama antara China dengan Indonesia.

State Councilor menyampaikan persiapan-persiapan yang akan dilakukan pada saat kunjungan Presiden RRC nanti. Kunjungan tersebut antara lain untuk mempererat dan meningkatkan hubungan bilateral yang sudah ada, dari strategic partnership jadi comprehensive partnership, dan ini sudah direspons oleh Presiden. Nanti pada pertemuan akan dibahas lebih dalam,” kata Menko Polhukam Djoko Suyanto di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (19/9).

Dalam pertemuan itu, SBY dan Jiechi juga menyepakati beberapa perjanjian kerjasama yang akan ditandatangani bertepatan dengan kunjungan Presiden RRC ke Jakarta. Kerjasama tersebut meliputi investasi, industri, kerja sama bidang mineral, antariksa, maritim, budaya, perguruan tinggi, dan pemuda.

“Beberapa MoU yang nantinya akan ditandatangani bersama di hadapan kepala negara,” ujarnya.

Sejumlah isu juga menjadi pokok pembahasan kedua belah pihak, yakni konflik Suriah, Laut China Selatan, Asia Timur, dan isu regional serta global lainnya. Jiechi berharap dapat melakukan pembicaraan bilateral di sela-sela KTT Asia Timur di Brunei awal Oktober mendatang. Pada pertemuan itu, PM Li Keqiang direncanakan akan bertemu secara langsung dengan SBY. [ren]

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge