0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

PKM Unsa Lolos Presentasi pada Pimnas XXVI di Mataram

Logo Universitas Surakarta (Unsa) (dok.timlo.net/ist)

Solo — Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Surakarta (Unsa) berhasil lolos untuk presentasi pada  Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVI di Mataram, NTB. Hasil ini berdasarkan monitoring dan evaluasi (Monev) yang dilaksanakan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pimnas XXVI dilaksanakan di Mataram 9 – 13 September 2013. Dari sekitar 30.000 karya ilmiah yang masuk untuk mengikuti seleksi Pimnas, dipilih 400 karya ilmiah yang telah di-monev dari PTN dan PTS di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah karya ilmiah dari Tim PKM Universitas Surakarta.

Pembantu Rektor I (Bidang Akademik) Universitas Surakarta, Ir FA Luky Primantari MT dalam rilis yang diterima Timlo.net, Kamis (19/9) menyebutkan, karya ilmiah Tim PKM Unsa yang lolos presentasi Pimnas berjudul “Kajian Kekuatan Kejut Biokomposit Serat Serabut Kelapa Sebagai Bahan Alternatif yang Ramah Lingkungan”.

“Tim PKM Unsa beranggotakan Nawanji Prasetyo, Ary Kristanto dan Wibowo dari Program Studi Teknik Mesin, dengan dosen pembimbing Wijoyo ST MEng,” jelasnya.

Disebutkan, tujuan penelitian di antaranya, meneliti metode pengolahan serat serabut kelapa untuk mendapatkan sifat mekanis kekuatan kejut performa tinggi dari bio komposit serat serabut kelapa. Juga meneliti penampang patahan hasil pengujian sebagai alasan secara analisis guna merekomendasikan kelayakan serabut kelapa sebagai bahan komposit serta alam yang ramah lingkungan.

“Hasil dari penelitian tersebut berupa sampel panel komposit dan artikel ilmiah akan dipublikasikan di majalah ilmiah sebagai salah satu informasi perkkembangan riset pemanfaatan serat alam yang ramah lingkungan yang nantinya dapat diterapkan dalam dunia industry,” tambahnya.

Pimnas merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional. Perhelatan ini diselenggarakan di Pergurun Tinggi yang ditetapkan Ditjen Dikti atas kesediaan serta kesepakatan seluruh pimpinan Pergurun Tinggi.

Acara ini diikuti 106 PT dari 28 provinsi di Indonesia. Jumlah peserta mencapai sekira 2.000 mahasiswa. Mereka mempresentasikan 400 karya ilmiah yang telah disaring dari 30 ribu karya ilmiah yang masuk untuk mengikuti seleksi Pimnas. (*)



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge