0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DKK dan RSUD Sragen Periksa Kesehatan PSK

Sragen — Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen dan RSUD Dr Soehadi Prijonegoro Sragen mengadakan pemeriksaan terhadap pekerja seks komersial (PSK).

Kedua instansi tesrbut melakukan pemeriksaan di tempat-tempat yang selama ini kerap dijadikan sebagai ajang transaksi seksual seperti di tempat wisata Bayanan Sambirejo, Gunung Kemukus Sumberlawang dan Pasar Nglangon Sragen. Pemeriksaan terhadap PSK ini rencananya akan dilakukan secara rutin setiap bulan.

Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS Bagian Kesra Setda Sragen, Wahyudi, menyatakan, salah satu tujuan pemeriksaan tersebut adalah untuk mengurangi penyebaran dan penularan HIV/ Aids yang ditularkan melalui hubungan seks. Pemeriksaan dilakukan dengan pengecekan darah dan pada organ reproduksi.

“Ini bukannya untuk mendukung adanya prostitusi, tapi bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran HIV/AIDS. Kami memeriksa sampel darah supaya bisa teridentifikasi,” kata Wahyudi ketika ditemui wartawan di Pasar Nglangon, Selasa (17/9).

Dikatakan Wahyudi, PSK yang positif mengidap HIVAIDS akan diupayakan untuk dilakukan pendampingan oleh Kelompok Dukungan Sebaya (KDS). Mereka akan mendapatkan pengobatan Care Support and Treatment (CST).

Dia menjelaskan, hingga September 2013 sebanyak 49 orang telah meninggal akibat menderita HIV/AIDS. Sementara jumlah dalam kurun waktu tersebut jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Sragen sebanyak 126 orang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge