0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jumlah Hansip Wonogiri Berkurang 2 Ribu

Personel Hansip-Linmas berlatih memadamkan api (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Dibanding tahun 2010, saat ini jumlah personel Hansip-Linmas di Kabupaten Wonogiri mengalami penurunan. Jika tahun 2010 mencapai 16.000 personel, saat ini diperkirakan 14.000 orang.

Demikian diutarakan PLt Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Wonogiri, Edi Sutopo, saat membuka latihan dasar (Latsar) Hansip-Linmas di Wisma Giri, Rabu (18/9). Jumlah personel mengalami penurunan karena ada yang sudah lanjut usia, pensiun, dan meninggal dunia.

Kendati demikian, jumlah Hansip sebanyak 14.000 orang masih cukup untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 mendatang. “Saat ini sekitar 14 ribu orang, tapi kalau untuk pengamanan TPS Pileg masih cukup,” kata Edi.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kinerja Hansip dalam membantu Kamtibmas, Bakesbangpolinmas menggelar latsar, selama tiga hari, mulai hari ini. Latsar diikuti diikuti 50 peserta dari seluruh kecamatan yang ada.

“Peserta dibekali 60 persen materi praktik dan 40 persen teori. Seperti, penanggulangan bencana alam, penanggulangan gangguan keamanan, kemampuan bela diri, penanganan kebakaran, dan PBB,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge