0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PLPG Mulai Diintegrasi dengan Kurikulum 2013

Pakar Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Dr. Furqon Hidayatullah, MPd. (Dok.Timlo.net/ist)

Solo — Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2013 yang kini sedang berlangsung di Rayon 113 Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah tahap pertama PLPG yang diintegrasikan dengan Kurikulum 2013.

“PLPG ini sebagai sarana untuk mengintegrasikan satu peluang strategis karena guru yang disertifikasi di PLPG ini tidak bisa dilepaskan dari Kurikulum 2013,” jelas Ketua Panitia Pelaksana PLPG Rayon 113 UNS, Prof Dr Furqon Hidayatullah, MPd kepada wartawan, di Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Rabu (18/9).

Sehingga, menurut Furqon yang juga Dekan FKIP UNS, pada tahap satu ini sebagai langkah awal pemantapan pelaksanaan Kurikulum 2013. Soal hasilnya belum bisa dipantau secara detail tetapi secara di lapangan bahwa informasi secara umum kaitannya dengan kurikulum 2013 sudah dimasukkan dalam muatan kurikulumnya di PLPG.

Berdasarkan pengamatan sementara, kata Furqon, bahwa untuk penerapan Kurkulum 2013 perlu proses, sehingga berhasil atau tidaknya tergantung pelaksana kurikulum. Oleh karena itu, kita berharap kurikulum agar tidak berhenti ditengah jalan tetapi sampai dicari betul, implementasinya ditemukan pendekatan-pendekatan yang tepat.

Karena Kurikulum 2013 adalah kurikulum tematik integratif maka para instruktur PLPG supaya menekankan secara bertahap agar guru memiliki kemampuan mengintegrasikan tiga aspek yakni koqnitif, afektif dan psikomotor secara simultan.

Sejauh ini menurut Furqon, PLPG rayon 113 UNS tahun 2013 diikuti sebanyak 7.571 guru. Terbagi dalam delapan tahap. Setiap tahap masing-masing selama 10 hari atau 90 jam pertemuan. Untuk hari terakhir diadakan ujian tulis selama 200 menit.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge