0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ditipu Calo CPNS, Tenaga Honorer Rugi Jutaan Rupiah

(Ilustrasi) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Calo CPNS mulai bergentayangan di Wonogiri. Sejumlah tenaga honorer kategori II (tidak digaji dari APBN/APBD) tertipu oknum yang mengaku memiliki koneksi dengan pihak pusat sehingga bisa menjadi CPNS. Satu orang bahkan menjadi korban dengan kerugian jutaan rupiah.

Diduga aksi penipuan tersebut melibatkan oknum legislatif dan seorang pegawai PNS. Aksi itu menggunakan modus, meminta satu tenaga honorer kategori II mengumpulkan 10 orang rekan. Kemudian menyerahkan sejumlah uang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Rumanti Permanandiyah mengatakan satu orang tenaga honorer kategori II di Kecamatan Wuryantoro belum lama melapor ke BKD kalau ditipu oknum. Yang bersangkutan didatangi oknum calo dan mengiming-imingi untuk dijadikan CPNS dengan syarat membayar uang Rp 5 juta.

“Uang Rp 5 juta diminta untuk ditransfer ke rekening oknum tidak bertanggungjawab itu. Dan sudah ditransfer,” jelas Rumanti, Rabu (18/9).

Terpisah, Anggota DPRD Wonogiri asal daerah konstituen Purwantoro, Marhendi Indriatmoko mengatakan, dirinya juga didatangi sejumlah tenaga honorer serupa yang diimingi bisa menjadi CPNS dengan cepat. Mereka datang untuk mencari kepastian soal kebenaran informasi perekrutan yang dibawa oknum tersebut.

“Tenaga honorer kategori II itu didatangi salah satu oknum yang juga orang legislatif yang kerjasama dengan oknum pegawai negeri pemkab. Mereka diminta untuk mencari rekan lain setidaknya sepuluh. Satu orang diminta Rp 5 juta. Untungnya mereka mencari kepastian dulu, dan saya jawab tidak ada model rekrutmen CPNS seperti itu, harus melalui mekanisme ujian,” tutur Marhendi.

Sementara itu, data dari BKD Wonogiri, ada 757 tenaga honorer kategori II di sejumlah SKPD. Paling banyak berada di Dinas Pendidikan. Dari jumlah itu, 30 persen akan diterima dalam rekrutmen CPNS tertulis tanggal 3 November 2013. Lokasi ujian di SMA 2 Wonogiri dan SMK 1 Sudirman.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge