0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seleksi Anggota KPU Solo, 4 Incumbent Lolos

Didik Wahyudiono, Ketua KPU Solo periode 2008-2013 (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo — Proses seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo untuk masa bakti 2013-2018 mendekati hasil akhir. Tim Seleksi (Timsel) telah menyaring 20 peserta dari 50 peserta seleksi untuk kemudian nantinya dipilih 10 besar dan diserahkan ke KPU Jawa Tengah.

Di antara 20 peserta yang lolos itu, empat orang merupakan komisioner KPU Solo (incumbent) masa bakti 2008-2013 yaitu Untung Sutanto, Agus Sulistyo, Pata Hindra Aryanto dan Didik Wahyudiono. Sedangkan satu komisioner lainnya yaitu Wisnu Cahyanto yang juga ikut menjalani seleksi dinyatakan tidak lolos 20 besar.

Selain itu, dua personel Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo yaitu Sri Sumanta dan Budi Wahyono juga dinyatakan lolos 20 besar. Sedangkan untuk keterwakilan perempuan, di antara 20 besar peserta yang lolos, empat di antaranya adalah perempuan.

Ketua Timsel Calon Anggota KPU Solo, Aidul Fitriciada Azhari mengatakan, 20 peserta yang lolos selanjutnya akan diseleksi dengan menjalani tes wawancara pada 21 September untuk kemudian disaring menjadi 10 calon. Selanjutnya, 10 calon itu akan diserahkan kepada KPU Jawa Tengah.

“Ada 50 peserta yang mengikuti tes tertulis. Lalu satu peserta gugur saat tes kesehatan. Sehingga ada 49 peserta yang mengikuti tes psikologi. Hasil tes tertulis dan tes psikologi itu digabung yang kemudian diambil 20 besar. Ini murni hasil tes, tidak ada intervensi Timsel,” katanya kepada wartawan, Rabu (18/9).

Dijelaskan, pihaknya berupaya memenuhi kuota 30 persen perempuan dalam penyaringan calon. Timsel berharap setidaknya ada enam calon perempuan yang lolos 20 besar. Namun, dari hasil tes, hanya empat calon perempuan yang lolos 20 besar.

“Kami berharap saat penyaringan lima anggota KPU nanti, minimal ada satu calon perempuan yang lolos. Harapan kami juga ada dua incumbent KPU yang lolos supaya kontinyuitas tugas-tugas KPU ke depan tetap berjalan baik. Namun itu ditentukan oleh KPU Jateng,” urainya.

Lebih lanjut, penentuan lima anggota KPU Solo masa bakti 2013-1018 akan dilakukan pada 22 September 2013 pukul 23.00 WIB



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge