0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kirab Dewa Bumi, Wujud Syukur Umat Tri Dharma

Kirab Dewa Bumi di Pasar Gede, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Teriknya matahari tak menyurutkan semangat sejumlah umat Tri Dharma dari Klenteng Tien Kok Sie, Pasar Gede, Solo untuk memanggul Rupang (patung dewa) mengelilingi kompleks Pasar Gede, Rabu (18/9).

Tak hanya Rupang, dalam acara yang dinamakan Kirab Dewa Bumi tersebut juga diiringi dengan atraksi Liong dan Barongsai serta iringan musik khas Cina yang dipadukan dengan alat musik tradisional Jawa.

Kirab Dewa Bumi merupakan simbol wujud syukur dari umat Tri Dharma kepada Dewa Bumi yang telah memberikan berkah dalam setahun ini. Kirab yang diawali tepat pukul 13.00 WIB tersebut diikuti oleh ratusan umat Tri Dharma di Kota Solo. Mereka memiliki harapan, bahwa dengan mengikuti kirab tersebut maka Dewa akan memberikan berkah serta rejeki yang melimpah kepada mereka.

Staf Humas Klenteng Tien Kok Sie, Liang Hong Siang mengatakan, Kirab Dewa Bumi tersebut sengaja digelar sebagai simbol wujud syukur kepada penguasa bumi. Menurutnya, hampir seluruh kehidupan bersumber dari bumi.

“Dengan kirab ini kita menunjukkan wujud syukur kepada Dewa Bumi yang sudah memberikan keberkahan kepada kita semua,” terangnya kepada wartawan.

Sebelum kirab dimulai, umat Tri Dharma mengadakan sembahyang terlebih dahulu. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan selama kirab digelar. Usai sembahyang, bunyi tetabuhan genderang serta serta alat musik khas cina lainnya mulai dibunyikan. Tak ayal, keramaian tersebut langsung mengundang perhatian para pengguna jalan yang melintas. Sementara rute yang ditempuh dalam kirab tersebut sepanjang 2 km, yakni Jl RE Martadinata ke utara, lalu menuju ke Jalan Urip Sumoharjo. Setelah itu diteruskan menyusuri Jl Kapten Mulyadi dan kembali ke Klenteng Tieng Kok Sie.

“Kami berharap, ke depan berkah selalu dilimpahkan oleh Dewa Bumi untuk kelancaran dan keberhasilan usaha yang kami tekuni,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge