0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kurangi Sedimentasi, Waduk Tandon Dikeruk

Pekerjaan pengerukan Waduk Tandon, Selogiri, Wonogiri. (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Waduk Tandon di Krisak, Singodutan, Selogiri, Wonogiri dikeruk sedimentasinya. Pekerjaan pengerukan telah berjalan hampir satu bulan ini dan akan diteruskan hingga akhir bulan Oktober.

Data yang dihimpun dari Kecamatan Selogiri, waduk Tandon memiliki luas 40 hektar dengan kedalaman sekitar 12 meter. Sayang, laju sedimentasi yang tinggi membuat daya tampung air menyusut hingga hampir separuh dari kedalamannya.

“Ketinggian sedimentasi mencapai 5 meter. Karena posisi waduk sangat penting bagi pertanian, perlu upaya pengerukan. Volume yang nantinya akan dikeruk adalah 26.000 meter kubik,” ujar Camat Selogiri Bambang Haryanto, Rabu (18/9).

Menurut Bambang, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) selaku pengelola waduk adalah pihak yang melakukan pengerukan. Dikatakan, pekerjaan pengerukan telah disosialisasikan kepada warga sekitar, dan material sedimentasi hasil kerukan ditempatkan di ruang publik seperti lapangan, atau lokasi lainnya.

Sementara itu, mandor BBWSBS yang bertugas di lokasi pengerukan, Suyono menandaskan, pengerukan menggunakan alat berat. Selanjutnya material sedimentasi diusung memakai dumptruck ukuran sedang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge