0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mainkan Lakon Sumpah Abimanyu

Penyanyi Sundari Soekotjo Main Wayang Orang di TBJT

Wayang Orang dengan Lakon Sumpah Abimanyu di TBJT, Kamis (19/9) malam (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kelompok Wayang Orang Swargaloka, Jakarta bakal menampilkan lakon Sumpah Abimanyu di Pendapa Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Kamis (19/9) malam. Tak seperti penampilan wayang orang pada umumnya, dalam pertunjukan kali ini bakal menggunakan ontocono (tutur kata) dalam Bahasa Indonesia serta dikolaborasikan dengan seni rupa, tari, musik serta teater modern.

Rilis yang diterima Timlo.net, Rabu (18/9) menyebutkan, kreasi seni wayang orang garapan baru berbahasa Indonesia tersebut memadukan konsep wayang orang tradisi dan modern. Disamping itu, seni tari, peran, musik dan seni rupa tetap diusung untuk menyuguhkan epos Mahabarata tersebut.

“Pertunjukan ini mengusung konsep kolaborasi antara konsep tradisi dan modern. Dipilihnya konsep tersebut, agar masyarakat mengerti apa yang kita sampaikan melalui pertunjukan ini,” ucap produser pertunjukan Sumpah Abimanyu, Suryandoro.

Lakon sumpah Abimanyu sendiri menceritakan tentang sosok ksatria putra Arjuna dengan salah satu istrinya, Dewi Subadra. Ksatria termuda di pihak Pandawa tersebut rela mengorbankan jiwanya dalam perang Mahabarata. Disamping mengangkat sisi kepahlawanan Abimanyu, sisi percintaan Abimanyu dengan Dewi Utari Putri Kerajaan Wiratha juga turut ditampilkan.

Tak hanya seniman dari Kelompok Swargaloka saja, melainkan turut pula menggandeng sejumlah seniman wayang orang dari Kota Solo dan Yogya. Disamping itu penyanyi keroncong terkenal, Sundari Soekotjo juga akan tampil memeriahkan acara tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge