0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Konvensi Capres Demokrat, KPI Panggil Pihak TVRI

KOnvensi Capres Partai Demokrat (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) hari ini akan memanggil Dirut Televisi Republik Indonesia (TVRI) Farhat Syukri terkait siaran Konvensi Capres Partai Demokrat selama tiga jam pada Minggu (15/9). Pemanggilan dijadwalkan pukul 12.00 WIB di kantor KPI.

“Kami akan mengklarifikasi soal siaran Konvensi Demokrat selama tiga jam, yang terindikasi berlebihan,” kata Wakil Ketua KPI, Idy Muzayyad, saat dihubungi merdeka.com, Rabu (18/9).

Idy memaparkan, pihaknya akan meminta penjelasan soal independensi, netralitas dan proporsionalitas televisi publik itu dalam menyiarkan acara-acara politik.

“Dalam kasus Konvensi Demokrat, kami ingin mengetahui kronologi sampai biasa ada tayangan acara politik yang panjang,” ujar dia.

KPI juga akan menyelidiki apakah siaran Konvensi Demokrat tersebut termasuk liputan biasa, kerja sama atau membeli jam siaran (blocking time). “Kalau blocking time jelas pelanggaran,” ujar dia.

Seperti diberitakan, sejumlah anggota Komisi I DPR mengkritik siaran tiga jam Konvensi Demokrat karena televisi publik yang dibiayai APBN itu sudah melayani kepentingan politik tertentu. DPR juga berencana memanggil pihak TVRI.

Direktur Program dan Berita Televisi Republik Indonesia (TVRI), Irwan Hendarmin, mengakui siaran Konvensi tersebut atas permintaan Direktur Utama Farhat Syukri. Namun, saat dikonfirmasi, Farhat membantahnya.

Enggak benar Pak (intervensi). Saya lagi rapat Pak,” kata Farhat lewat pesan singkat kepada merdeka.com, kemarin.

Menurut Farhat, tayangan tersebut sudah atas kebijakan direksi “yang memberikan kesempatan yang sama kepada peserta pemilu.” [ren]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge