0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paundra: Film Ranggawarsita Mulai Shooting Tahun 2014

GPH Paundrakarna memaparkan film terbarunya (Ronggowarsito) dalam jumpa pers SIPA, baru-baru ini (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Pangeran Mangkunegaran, GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara akan memulai shooting Film Ranggawarsita tahun 2014 mendatang. Film yang pembuatannya memakan waktu lumayan lama tersebut diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp 1 miliar.

Paundra –sapaan akrab GPH Paundrakarna,  saat ditemui wartawan dalam jumpa pers Solo International Performing Art (SIPA), baru-baru ini, mengatakan lamanya waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatan film tersebut karena dirinya harus melakukan riset secara mendalam. Tak hanya itu, penyusunan skenario pun juga dilakukan secara detail dan rapi.

“Beberapa bulan ini kami melakukan riset tentang Ranggawarsita. Kami ingin film ini bukan film komersil, karena yang kami inginkan adalah membuat film sejarah yang mampu memberikan edukasi kepada masyarakat,” paparnya.

Selain sebagai produser, Putra Mangkunegara IX tersebut juga memerankan sosok Ranggawarsita Sepuh (tua). Sehingga dirinya juga perlu mendalami sosok Ranggawarsita dari sejumlah referensi yang mengangkat tentang dirinya.

“Cerita komplit Ronggowarsito akan kita tampilkan secara detai dan runut. Sehingga tak heran, persiapanyapun cukup lama dan panjang. Karena kami juga tak ingin menyajikan film yang salah kepada masyarakat nantinya,” papar Paundra.

Selama diadakan riset, lanjut Paundra, dirinya menemukan hal unik terkait sosok Ranggawarsita tersebut. Bahwa Ranggawarsita memiliki hubungan sangat dekat dengan Mangkunegara IV. Disamping itu, istri kedua beliau juga berasal dari Pura Mangkunegara.

Serat Kalatidha yang terkenal sampai saat ini akan kita angkat. Disamping itu, kami juga akan menggandeng Guruh Soekarno Putra sebagai pengiring musik dalam film tersebut,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge