0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Léon Foucault

Google Doodle. (Dok: Timlo.net/ Google)

Timlo.net—Doodle terbaru Google merayakan ulang tahun Jean Bernard Léon Foucault, ahli Fisika dan penemu sebuah pendulum yang mendemonstrasikan rotasi bumi.

Foucault juga diakui sebagai tokoh yang kali pertama mengukur kecepatan cahaya dan berkontribusi terhadap penemuan arus eddy (eddy currents): arus listrik yang diinduksi di dalam konduktor dengan cara mengubah bidang magnetik di dalam konduktor. Oleh beberapa orang temuan tersebut disebut arus Foucault.

Putra seorang penerbit, Foucault lahir di Paris 1819, di mana awalnya dia mempelajari ilmu medis tapi dengan segera pindah ke ilmu fisika. Awalnya, fokus penelitiannya adalah pada proses fotografi LJM Daguerre, di mana dia juga menjadi seorang asisten dari Alfred Donne, seorang ahli bakteri dalam karyanya dalam anatomi mikroskopis.

Setelah berkolaborasi dengan rekan sesama ahli Fisika Hippolyte Fizeau dalam serangkai penelitian tentang intensitas cahaya matahari, dia membuat namanya dikenal di Pantheon di Paris pada 1851 dengan sebuah demonstrasi di mana dia menggantung sebuah pendulum seberat 28 kg dan setinggi 67 meter.

Gerakan pendulum tersebut berputar perlahan-lahan searah jarum jam. Penelitian itu menyebabkan munculnya para penggemar pendulum di kawasan Eropa dan Amerika Serikat dan masyarakat tertarik untuk melihat apa yang disebut sebagai “Foucault pendulum” di kota-kota besar di kedua sisi Samudera Atlantik.

Pencapaian-pencapaian lain termasuk merancang sebuah metode untuk mengetes bayangan teleskop untuk menentukan bentuknya yang disebut dengan “Foucault knife-edge test”.

Karena pencapaian-pencapaiannya, Foucault menjadi seorang anggota dari Bureau des Longitudes di Royal Society of London dan Legion d’Honneur.

Ahli fisika ini menjadi salah satu dari 72 ilmuwan, insinyur dan ahli matematika yang namanya tercetak di menara Eiffel. Dia meninggal di Paris pada 1868, demikian tulis The Guardian.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge