0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Contoh Rumah Pangan Lestari, Kodim Sukoharjo Panen Lele

Kodim panen lele. (Dok.Timlo.net/Sahid B S)

Sukoharjo — Dalam dua tahun ini, Kodim 0726/ Sukoharjo sukses melaksanakan program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL), dengan memberdayakan kawasan lingkungan untuk mencukupi kebutuhan pangan.

Salah satu implementasi MKRPL itu, yakni kegiatan panen lele yang digelar Selasa (17/9). Satu ton lebih lele berhasil dipanen dari program MKRPL yang di terapkan di perumahan Dinas Anggota Kodim 0726/ Sukoharjo.

“Kolam lele Kodim, dalam satu tahun bisa memanen 3 kali. Untuk panenan kali ini, kita bagikan hasilnya kepada tukang becak, tukang parkir dan warga sekitar Makodim,” ungkap Dandim 0726/ Sukoharjo Letkol Inf Jimmy Ramoz Manalu yang terjun langsung untuk memanen lele.

Dandim mengatakan, MKRPL yang diprogramkan oleh pimpinan TNI- AD mencakup sejumlah kegiatan seperti penanaman berbagai tanaman pangan, budidaya ikan serta pemeliharaan ternak yang dilaksanakan setiap mako Kodim dan di lingkungan rumah tinggal anggota TNI. Diharapkan, program MKRPL dapat memberikan contoh dan ditiru oleh masyarakat.

“Untuk kolam ini, bibitnya bekerjasama dengan Dinas Pertanian. Pembibitan berikutnya, Kodim 0726 Sukoharjo akan mengembangkan verietas lele sangkuriang, yang notabenenya lebih cepat perkembangannya,” imbuhnya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge