0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DKK Upayakan Bantuan

DKK Kecolongan, Ada Anak Penderita Gizi Buruk Meninggal

Sukoharjo — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, mengaku kecolongan atas meninggalnya Muhamad Fachru Rozy (7) yang didiagnosis menderita gizi buruk dan tumor di bagian perutnya. DKK Sukoharjo akan mengupayakan Jamkesda untuk menutup kekurangan biaya yang di tanggung keluarga.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Dr. Guntur Subiyantoro mengatakan, putra dari Endang Priyanti (37) tetap akan diupayakan untuk mendapatkan bantuan, meskipun masih tercatat sebagai warga Joyotakan Solo.

Menurut Guntur, keluarga dapat diupayakan bantuan karena sudah berpindah tempat tinggal dari Joyotakan Solo ke Ngasinan, Grogol, Sukoharjo. Hanya KTP nya yang belum dilakukan mutasi atau perpindahan.

“Kami merasa kecolongan dengan peristiwa ini. Karena keluarga penderita gizi buruk ini belum mutasi KTP, masih tercatat sebagai warga Solo, sehingga tidak terdata oleh DKK,” ujar Guntur.

DKK sudah bertindak untuk berupaya memberikan bantuan kepada orangtua Rozy yang merupakan seorang janda, untuk melunasi kekurangan biaya rumah sakit.

“Kalau biaya total sekitar 4 juta. Sementara dana bantuan dari PKMS hanya 2 juta. Jadi nanti kekurangan akan kami upayakan melalui Jamkesda Sukoharjo. Karena sebenarnya yang bersangkutan sudah jadi warga Sukoharjo,” imbuhnya.

Guntur juga menghimbau kepada pihak RT dan RW di seluruh Sukoharjo agar mendata setiap pendatang baru, sehingga setiap terjadi kasus semacam ini dapat segera di tangani.

Sebelumnya, Humas RSUD Dr Moewardi Solo Dr. Elyza menjelaskan, Rozy dinyatakan meninggal dunia pada Selasa (17/9) sekitar pukul 06.45 WIB di ruang PICU. Rozy sempat dirawat di ruang Melati II sejak 7 September.

Tim dokter sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menangani pasien. Rozy diketahui menderita gizi buruk dan tumor di bagian perut. “Jika normalnya seusia Rozy itu memiliki berat badan 23 kg. Namun Rozy hanya 14 kg. Kami juga menangguhkan biaya pengobatan pasien,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge