0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

HUT PMI, Ribuan Siswa SD Lomba Siaga Bencana

Jumbara dan lomba Sekolah Siaga Bencana di Candi Prambanan Klaten. (Dok.Timlo.net/ Rori)

Klaten — Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-68 yang jatuh pada 17 September. Di Klaten, ribuan pelajar Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Klaten, Selasa mengikuti Jumpa Bhakti dan Gembira (Jumbara) serta lomba Sekolah Siaga Bencana (SSB) di Taman Candi Prambanan. Kegiatan Jumbara dan SSB tersebut dikuti sekitar 4.910 pelajar dari SD di Klaten.

Wakil Bupati Klaten, Sri Hartini mengatakan kegiatan semacam ini sangatlah tepat diselenggarakan di Klaten, karena klaten termasuk daerah rawan bencana.

“Kami berharap kegiatan semacam ini sering dilakukan agar masyarakat semakin tanggap dalam menghadapi bencana, baik sebelum terjadi bencana maupun setelah terjadinya bencana,” ungkap Sri Hartini.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara, Wardani Sugiyanto mengatakan, kegiatan Jumbara dan SSB sengaja diperuntukan kepada anak didik yang masih duduk dibangku sekolah dasar.

“Anak-anak diharapkan sejak dini mengetahui apa yang seharusnya mereka lakukan saat sebelum terjadi bencana maupun setelah terjadinya bencana minimal mereka mengetahui untuk menyelamatkan diri sendiri,” ujar Wardani Sugiyanto kepada Timlo.net.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge