0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rektor Ditahan, Ribuan Wisudawan Unsoed Belum Dapat Ijazah

Unsoed Purwokerto. (Dok.Merdeka.com)

Timlo.net — Wisudawan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto mempertanyakan nasib ijazah mereka yang belum dibagikan sesaat setelah wisuda yang digelar hari ini. Pasalnya, wisudawan hanya mendapat lembaran janji alumni dan surat keterangan lulus saat wisuda.

Salah satu wisudawan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Cahyo Hari Mukti, mengaku membutuhkan ijazah untuk segera mendaftar kerja.

“Dalam prosesi wisuda yang paling penting kan kami dapat ijazah. Apalagi saat ini sedang ada penerimaan calon pegawai negeri sipil,” ujarnya, Kamis (17/9).

Ungkapan serupa juga disampaikan wisudawan lainnya, Febrian Hadinata. Dia berharap Unsoed segera membagikan ijazah wisudawan. “Selain untuk mencari pekerjaan, saya juga berencana kembali ke kampung halaman,” katanya.

Unsoed sendiri menggelar upacara wisuda dengan melepas 1.196 lulusannya mulai program diploma, sarjana, profesi sampai magister.

Dari informasi yang dihimpun, persoalan tanda tangan ijazah wisudawan Unsoed mengemuka lantaran kasus korupsi yang menimpa mantan Rektor Unsoed Edi Yuwono. Bahkan saat ini, jabatan Rektor Unsoed mengalami kekosongan setelah dicopotnya Edy Yuwono dari jabatan tersebut beberapa waktu lalu.

Rektor Unsoed Edi Yuwono dicopot jabatannya karena ditahan Kejaksaan Negeri Purwokerto atas kasus korupsi yang merugikan negara hingga Rp 2,154 miliar. Selain Edi, Pembantu Rektor IV Budi Rustomo juga ikut ditahan dalam kasus yang sama.

Sekretaris Senat Unsoed, Triani Hardijati mengungkapkan, Unsoed akan segera membagikan ijazah begitu rektor sementara dilantik. “Kami masih menunggu menteri (pendidikan dan kebudayaan) untuk segera melantik rektor sementara,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Rektor Unsoed, Mas Yedi Sumaryadi mengaku belum berwenang menandatangani ijazah karena belum dilantik oleh menteri. “Kemungkinan dalam waktu dekat,” katanya.

sumber : merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge