0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Sapi Melonjak, Peternak Diminta Waspada Penyakit

Pasar sapi di Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Menjelang  Hari Raya Idul Adha, harga sapi mengalami kenaikan cukup signifikan. Kenaikan harga sapi sekitar Rp 2000/kg hingga Rp 4000/ kg bobot sapi hidup. Kenaikan harga sapi ini sudah terjadi sejak sepekan ini, menyusul tingginya permintaan sapi potong untuk qurban dari luar daerah.

“Harga sudah mulai ada kenaikan, dari semula Rp 33 ribu-34 ribu/kg hidup, sekarang naik menjadi Rp 35 ribu-Rp 36 ribu/kg hidup,” ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Boyolali, Dwi Priyatmoko ditemui di kantornya, Selasa (17/9).

Dijelaskan, meski permintaan terhadap sapi menjelang hari raya meningkat, namun Dwi memastikan stok populasi sapi potong di Boyolali masih di atas batas aman. Jumlah populasi sapi potong menurut Dwi masih mencapai kisaran 90-an ribu ekor. Sementara untuk sapi perah di Disnakan tercatat sejumlah 80 ribu ekor. Jumlah populasi tersebut, lanjut dia, masih mencukupi kebutuhan daging bagi masyarakat Boyolali maupun suplai ke luar daerah.

Di sisi lain, pihaknya meminta peternak untuk mewaspadai penyakit yang bisa ditimbulkan selama musim kemarau terhadap hewan ternak sapi. Disnakkan menurut Dwi terus melakukan pantauan terhadap penyakit ternak, khususnya yang dapat menular ke manusia (zoonosa). Penyakit ternak tersebut di antaranya yakni antraks, gudik, maupun penyakit ternak lainnya.

Upaya antisipasi ini lanjut dia, dilakukan sesuai dengan pemeriksaan sapi-sapi di pasar maupun ke tempat-tempat penampungan hewan kurban. Sedangkan pada hari “H” Idul Adha, petugas menurut Dwi juga berkeliling melakukan pemeriksaan kesehatan hewan dan pengecekan pemotongan.

“Kita tidak ingin kecolongan seperti tahun 2010 silam, dimana ada kasus antraks di wilayah Klego, jangan sampai ini terulang lagi,” tandas Dwi.

Untuk menjaga kesehatan hewan, terutama sapi, pihaknya meminta peternak untuk rajin membersihkan kandang sapi. Terlebih dengan kondisi cuaca berdebu sangat mudah bagi hewan ternak terkena penyakit. Disarankan, sebelum rumput diberikan ke sapi terlebih dahulu dicuci bersih.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge