0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terima Hibah 2 Bus Eks APG, Pemkot Solo Malah Bingung

Bus pengantar atlet APG yang dihibahkan ke Pemkot Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menerima hibah dua unit bus bekas pengantar atlet Asian Paragames (APG) VI dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sayangnya, kondisi dua bus tersebut saat ini dalam kondisi tak terawat. Selain itu, Pemkot masih kebingungan soal peruntukan dua bus tersebut ke depannya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedradjat mengatakan, dua bus berbodi panjang itu saat ini ditempatkan di Terminal Tirtonadi. Pihaknya masih akan melakukan perawatan terhadap dua bus tersebut.

“Selama perjalanan dari Semarang ke Solo mogok sampai empat kali. Untuk sementara diistirahatkan di Terminal Tirtonadi sambil menunggu teknisi dari Jakarta datang,” kata Herman kepada wartawan, Selasa (17/9).

Diberikannya hibah bus bekas APG VI itu, lanjutnya, lantaran sebelumnya Pemkot memang mengajukan permohonan agar 10 bus bekas APG VI dihibahkan ke pemkot. Rencananya, bus tersebut akan diperuntukkan untuk mendukung transportasi massal di Kota Bengawan. Namun dengan hanya diberikan dua bus, pihaknya masih akan mengkaji ulang rencana tersebut.

“Panjang bus itu tujuh meter. Kalau dipakai transportasi massal agak sulit karena untuk berbelok saja bus itu sulit. Hanya jalan-jalan tertentu yang bisa dilalui seperti Jl Slamet Riyadi. Dulunya memang dirancang untuk bus difabel,” ungkapnya.

Lebih jauh, Herman menyatakan muncul sejumlah opsi pemanfaatan bus tersebut. Diantaranya untuk bus khusus mobilitas kalangan difabel, bus sekolah, bus pengantar tamu dan bus pariwisata dalam kota.

“Sekarang yang penting perbaikan dulu. Sepertinya servis butuh waktu lama. Setahu saya, akinya mati dan dinamonya rusak,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge