0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penerimaan CPNS Solo, BKD: Awas, Jangan Sampai Tertipu!

Pengumuman penerimaan CPNS ditempel di Balaikota Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo meminta masyarakat tidak percaya terhadap pihak-pihak tertentu yang dapat menjamin dapat diterima sebagai PNS dalam rekrutmen CPNS. Pasalnya, menjelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), upaya penipuan dengan dalih jaminan diterima PNS mulai terjadi.

Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD Solo, Lancer S Naibaho mengatakan, setelah dibukanya pengumuman CPNS, Senin lalu (16/9), pihaknya ditelepon oleh kenalannya yang mana anaknya akan mendaftar CPNS. Kepada Lancer, orang tersebut menceritakan bahwa ada kenalannya yang mengaku siap menjamin diterima CPNS dengan imbalan sejumlah uang.

“Kawan saya itu telepon ke saya. Apa benar ada yang bisa menjamin diterima CPNS. Soalnya dia ditawari jaminan oleh rekannya yang katanya menjamin diterima CPNS dengan imbalan Rp 75 juta,” katanya kepada wartawan, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/9).

Lancer meminta masyarakat tidak tergiur dengan pihak-pihak yang menyatakan sanggup memberikan jaminan diterima CPNS. Pasalnya, hasil seleksi CPNS sepenuhnya ditentukan oleh pemerintah pusat. Pemerintah daerah tidak dapat melakukan intervensi atas proses seleksi.

“Masyarakat jangan mudah tergiur. Kalau ada yang menjanjikan jaminan minta saja surat pernyataan dan foto identitas yang menawari. Berani nggak dia? Selain itu, masyarakat sebaiknya langsung menanyakan ke BKD,” tegasnya.

Di sisi lain, BKD Solo telah membuka pengumuman pendaftaran CPNS sejak Senin (16/9). Selanjutnya penerimaan berkas mulai diterima 20-30 September 2013 melalui pos. Pihaknya memprediksi sedikitnya 1000 pelamar akan memperebutkan 35 formasi guru.

“Baru dua hari ini, jumlah pengakses website BKD yang mendowload pengumuman CPNS mencapai 14. 000 orang. Dari jumlah itu perkiraan kami 1000 orang yang akan mendaftar,”jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge