0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Palsukan Kebahagiaan Ternyata Juga Penting

(Ilustrasi) Tersenyum. (Dok:Timlo.net/ Men's Health)

Timlo.net—Ternyata memalsukan sesuatu itu bisa menjadi hal yang baik bagi kita. Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh Penn State University, Amerika Serikat (AS) menyimpulkan bahwa mencoba merasa bahagia secara aktif bisa memperbaiki mood Anda.

Dalam penelitian tersebut, orang-orang yang menjadi obyek penelitian diminta untuk berpikir tentang kebahagiaan sementara mendengarkan musik-musik yang membuat mereka merasa senang. Orang-orang tersebut merasakan mood mereka membaik sebanyak 16 persen dibandingkan dengan mereka yang hanya mendengarkan musik saja.

Hasil serupa dirasakan saat orang diminta berfokus pada hal-hal positif sebelum ikut sebuah permainan atau melakukan olahraga berat. Mereka mengalami peningkatan kinerja. Menurut peneliti dalam studi ini, Yuni Ferguson, Ph.D niat kita bisa mempengaruhi emosi kita.

Membuat otak kita memalsukan kebahagiaan mungkin bukanlah hal yang kita inginkan terutama saat kita diminta melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan. Tapi ternyata hal tersebut berguna, bahkan bila kita hanya sekedar tersenyum. Sikap ini bahkan bisa memperlambat detak jantung dan mengurangi tingkat stress, demikian menurut penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Kansas, AS dilansir oleh Men’s Health.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge