0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

30 % Bibit Pohon Bantuan Pemerintah Mengering

Kabid Perkebunan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Wonogiri, Konfrontadi Febiyanto (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Sekitar 30 % bibit pohon bantuan pemerintah di KBR (Kebun Bibit Rakyat) di Wonogiri, saat ini telah mengering. Hal ini disebabkan ketiadaan air saat musim kemarau. Sementara, program pembibitan bersumber pendanaan APBD tidak menyediakan biaya perawatan.

Tahun 2013 ini, Wonogiri mendapatkan 35 lokasi KBR. Setiap lokasi dijatah 40 ribu bibit, sehingga total bibit mencapai 1.400.000 bibit. Pengadaannya dibiayai dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Solo di Direktorat Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial Kementerian Kehutanan. Per KBR mendapat jatah 50 juta.

“Bulan April lalu saat masih ada hujan, sudah mengering sekitar 20 persennya. Kalau hingga saat ini bertambah lagi, kemungkinan sampai 30 persen yang kering,” ujar Kabid Perkebunan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Wonogiri, Konfrontadi Febiyanto, Selasa (17/9).

Mewakili Kadishutbun Wonogiri Sri Jarwadi, Febi menyebutkan KBR menyediakan pembibitan aneka pohon tanaman keras. Diantaranya sengon, mahoni, jati, dan gamelina. Program KBR tersebut diawali pada 2010, dengan keseluruhan kecamatan telah terkaver program ini.

“Sebenarnya yang program pembibitan rakyat dari pembiayaan APBD juga mengalami hal serupa. Ada sebagian yang mengering. Tapi, permasalahannya ditambah lagi dengan tiadanya biaya perawatan. Setiap kali kali mengajukan biaya perawatan pasti dicoret dengan alasan tidak mendapatkan jatah prioritas,” lanjut Febi.

Satu bibit pohon, idealnya mendapat biaya perawatan sekitar Rp 500. Namun, belum pernah pihak Dishutbun mendapatkannya. Padahal, menurut dia, perawatan sangat mutlak diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup bibit nantinya.

“Kalau yang dari BP DAS, ada biaya perawatannya. Hanya dari APBD yang tidak ada, ada 2 lokasi pembibitan,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge