0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, Orang Terkaya di Indonesia

Pemilik Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja. (Dok.merdeka.com)

Timlo.net — Bloomberg Billionaires Index dengan data dimutakhirkan akhir pekan lalu, menyatakan ada perubahan dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Riset bikinan media terkemuka itu menyebut manusia paling tajir di Tanah Air adalah Eka Tjipta Widjaja, pemilik Grup Sinarmas, dengan kekayaan mencapai USD 8,4 miliar (setara Rp 96,5 triliun).

Pada daftar tersebut, Eka menempati urutan 139 dunia. Lini bisnis utama pengusaha ini menurut Bloomberg adalah Golden Agri, produsen kelapa sawit terbesar kedua sejagat. Selain itu ayah 8 anak dan kakek dari 40 cucu tersebut menambah pundi-pundi uang melalui Grup Sinarmas, yang memiliki lini usaha meliputi pabrik kertas, investasi, tambang batu bara, sampai pembangkit listrik.

Pria bernama asli Oei Ek Tjhong yang lahir di Kota Coan, China ini, diperkirakan memiliki USD 2 miliar dalam bentuk tunai, sementara sisa hartanya tersebar dalam aset properti, surat berharga, dan valuasi saham.

Dengan daftar versi Bloomberg, berarti kekayaan Eka dianggap melampaui duet Robert Budi Hartono dan Bambang Hartono. Dua saudara pemilik Grup Djarum itu pada daftar lembaga Forbes, tahun lalu ditahbiskan sebagai orang terkaya Indonesia.

Budi Hartono pada daftar Bloomberg kini memiliki harta USD 7,3 miliar dan berada di urutan 176 dunia. Sementara sang adik, Bambang, tepat di bawahnya satu tingkat, dengan total aset ditaksir USD 7,2 miliar.

Peringkat Bloomberg merangkum 200 manusia superkaya di dunia. Pada urutan pertama, tetap bertengger Bill Gates, sang pendiri Microsoft, dengan kekayaan sebesar USD 72,5 miliar atau setara Rp 833 triliun. Gates dikuntit rival abadinya Carlos Slim, taipan media asal Meksiko, di urutan kedua dengan harta mencapai USD 66,3 miliar.

Orang Asia yang posisinya paling tinggi dalam daftar bikinan Bloomberg adalah Li Ka-Shing, miliarder Hong Kong yang kini memiliki aset bernilai total USD 24,7 miliar. Sedangkan perempuan paling kaya di muka bumi adalah anak pendiri toko ritel Wal-Mart, Christy Walton, yang memiliki kekayaan USD 36,6 miliar.

sumber : merdeka.com



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge