0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buntut Pemberhentian Hardono, PK Golkar Banjarsari Diminta Mundur

Hardono (tengah). (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo — Turunnya jajaran DPDI I Partai Golkar Jawa Tengah ke Solo, Sabtu (14/9) lalu ternyata belum juga mampu meredam konflik internal Golkar. Kali ini, justru sembilan Pengurus Kelurahan (PL) Partai Golkar di Kecamatan Banjarsari meminta Pimpinan Kecamatan (PK) Banjarsari, FX Hartono Sugiarto mundur dari jabatannya.

Tuntutan mundur oleh 9 dari 13 PL di Banjarsari tersebut dibuktikan dengan pengiriman mosi tidak percaya atas ketua PK Banjarsari yang dikirimkan ke DPD II Golkar Solo, Senin (16/9). Sembilan PL yang menuntut mundur Ketua PK Banjarsari itu antaralain PL Gilingan, Stabelan, Timuran, Ketelan, Kestelan, Punggawan, Manahan, Sumber, serta Kadipiro.

“Kami menuntut Ketua PK Banjarsari mundur. Jika satu pekan setelah surat ini disampaikan tidak ada tanggepan, kami yang terdiri dari 9 PL di kecamatan Banjarsari beserta pengurus akan mengundurkan diri dari kepengurusan Golkar,” ujar PL Mahanan, Suryo Atmojo saat jumpa pers, Senin (16/9).

Suryo melanjutkan, ulah Ketua PK yang mengajukan mosi tidak percaya atas kepemimpinan Hardono ke DPD I Golkar Jateng ditudingnya telah membuat keresahan di internal pengurus partai kecamatan maupun PL yang ada di Banjarsari.

Ditegaskannya kembali, mosi tidak percaya yang dikirim empat PK dinilainya cacat hukum lantaran tidak ditandatangani sekretaris PK. Selain itu pengajuan mosi tidak percaya juga tidak melalui rapat pleno.

“Kalau dilihat surat mosi tidak percaya terhadap Hardono itu kan tidak bersifat darurat, jadi mestinya juga menggunakan tanda tangan sekreatis. Harusnya yang kena sanksi itu empat PK yang mengirimkan mosi tidak percaya kepada Hardono itu. Kami benar-benar kecewa,” tegasnya.

Selain dikirim ke DPD II, mosi tidak percaya juga ditembuskan ke DPD I Golkar Jateng, Dewan Pertimbangan DPD I Golkar Jateng, Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah II DPP, Ketua Umum DPP serta Dewan Pertimbangan DPP.

Terpisah, Ketua PK Banjarsari, FX Hartono Sugiarto menanggapi santai munculnya mosi tidak percaya sejumlah PL kepada dirinya.

“Ya silahkan saja kalau muncul surat mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan saya di kecamatan Banjarsari, itu kan hak para PL. Saya akan tunduk pada aturan yang ada,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge