0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Pencabulan Meningkat, Komisi IV Prihatin

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Boyolali, Agus Wiyono. (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Boyolali — Meningkatnya kasus asusila pencabulan yang melibatkan korban dan pelaku dari kalangan pelajar membuat prihatin kalangan DPRD Boyolali. Pasalnya, kasus asusila yang meningkat melibatkan anak dibawah umur. Meningkatnya kasus ini menjadi tanggung jawab semua pihak, seperti sekolahan dan orangtua.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Boyolali, Agus Wiyono, meningkatnya kasus asusila berupa pencabulan tidak bisa menyalahkan satu pihak saja, namun ada beberapa pihak yang mestinya ikut bertanggung jawab dalam melakukan upaya untuk mencegah kejadian tersebut terulang. Factor yang paling penting adalah lingkungan, dalam hal ini orang tua yang mempunyai peran.

“Lingkungan yang sering kali mempunyai pengaruh paling kuat, karena waktu terbanyak anak-anak ada di lingkungan, disini peran orang tua sangat diperlukan,” ungkap Agus ditemui di ruang komisi IV, Senin (16/9).

Meski begitu, pihak sekolah juga mempunyai peran penting dalam mendidik anak-anaknya untuk menghindari perbuatan yang melanggar hukum,seperti asusila,miras dan tawuran. Pendidikan budi pekerti di sekolah harus lebih ditingkatkan, bila perlu jam pelajaran ditambah. Menyikapi permasalahan ini, Komisi IV akan mengandeng Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk mencari solusi bersama guna mencegah terjadinya kasus-kasus asusila.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Boyolali, Turisti Hindriya, meminta aparat kepolisian tegas menindak pelaku kasus asusila tersebut. Pelaku asusila baik itu masih berstatus pelajar atau tidak harus mendapat hukuman. Hal ini dilakukan untuk member efek jera kepada pelaku.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge