0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Debu di Komplek Perkantoran Terpadu, PNS Terancam Infeksi Saluran Pernapasan

Boyolali — Kondisi berdebu di komplek perkantoran terpadu Kemiri sudah sedemikian parah. Pegawai Negeri Sipil Pemkab Boyolali yang sudah berkantor di Komplek tersebut sangat beresiko tinggi terkena infeksi saluran pernapasan akut ISPA. Mereka disarankan untuk mengenakan masker basah selama melakukan aktivitas.

Hal tersebut diungkapkan Ketua PMI Boyolali, Syamsudin, cuaca panas ditunjang dengan angin memudahkan partikel halur debu masuk ke saluran pernapasan. Meskipun sudah menggunakan masker, namun bila masker yang digunakan masker kering, partikel debu yang halus tetap bisa terhirup. Pihaknya menyarankan agar PNS menggunakan masker basah atau masker kering yang dibasahi oleh air.

“Kalau menggunakan masker basah, partikel halus debu tidak akan masuk atau terhirup, karena menempel, beda bila menggunakan masker kering,partikel debu tetap bisa terhirup, ini yang patut diwaspadai,” ungkap Syamsudin, Senin (16/9).

Dijelaskan, partikel debu yang sangat halus sangat mudah terhirup dan masuk ke saluran pernapasan. Hal ini berdampak iritasi saluran napas dan menyebabkan batuk, sakit kepala dan mudah lelah. Bila itu terjadi dan tidak segera diobati, akan mengakibatkan infeksi saluran napas dari derajat ringan sampai berat. Bahkan bila sudah parah bisa mengakibatkan bronchitis.

Sementara dari pantauan di lapangan, kondisi komplek perkantoran terpadu yang berdebu dikarenakan masih adanya pembangunan di lokasi. Kondisi ini semakin diperparah dengan cuaca yang panas dan komplek yang belum dibetonisasi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge