0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DKK: Tiga Wilayah di Sukoharjo Rawan Ispa Dan Diare

Kepala DKK Sukoharjo, dr Guntur Subiyantoro (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo — Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo menghimbau kepada warga masyarakat khususnya di wilayah berpotensi kekeringan untuk mewaspadai ancaman penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (Ispa) dan Diare.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Dr Guntur Subiyantoro, meminta warga untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam aktivitas sehari-hari. Tiga kecamatan yang menjadi fokus sorotan ancaman Ispa dan Diare, merupakan wilayah yang berpotensi kekeringan seperti Kecamatan Weru, Tawangsari dan Bulu.

“Musim seperti ini perlu di waspadai penyakit demam berdarah, tipes, diare dan Ispa. Masyarakat sangat rentan terkena penyakit ini terutama jika tidak menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujar Guntur, Senin (16/9).

Dinas Kesehatan saat ini tengah melakukan observasi di tiga wilayah itu untuk mengetahui sejauh mana potensi rawan kekeringan dan penyebaran penyakit. Mengingat penyakit Ispa dan Diare berpotensi tinggi, jika ditunjang dengan sulitnya mendapatkan air bersih.

DKK gencar melakukan sosialisasi PHBS hingga ketingkat desa. PHBS merupakan sarana antisipasi yang efektif untuk mencegah munculnya penyakit. Perilaku PHBS di contohkan dengan, tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan dan menutup tempat penampungan air secara berkala, membiasakan cuci tangan dan lain-lain.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge