0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mediasi Konflik Keraton Solo, Undangan Putra-putri PB XII Dikirim Rabu

Situasi memanas di Keraton Solo, Senin (26/8) pagi (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Undangan mediasi konflik antar dua kubu Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dijadwalkan dikirim Pemerintah Kota (Pemkot), Rabu (18/9). Namun demikian kepastian kapan mediasi digelar masih simpang siur.

“Rabu dikirim. Saya akan koordinasi dulu dengan Bagian Hukum dan Pemerintahan untuk mengirim undangan ke putra putri dalem. Namun, sebelumnya, saya akan ke Sinuhun (PB XIII — Red) dulu untuk memutuskan kapan hari H-nya. Ada waktu tiga hari, baru kemudian kita kirim undangan,” kata Rudy, sapaan Walikota saat ditemui Timlo.net, Senin (16/9) di Balaikota.

Di sisi lain, pihaknya juga masih menunggu turunnya surat dari Mendagri. Isi surat tersebut nantinya juga akan dipakai sebagai landasan mediasi. Tidak hanya pihak Kemendagri, Pemkot juga akan menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Undangannya nanti kan keraton, tokoh masyarakat dan Muspida. Pemprov juga kita libatkan. Nanti kita minta utusan Gubernur karena nantinya ada kaitan dengan dana hibah APBD Provinsi,” terangnya.

Ditegaskan Rudy, mediasi digelar semata-mata agar keraton yang merupakan aset negara tidak terlantar. Selain itu, supaya tidak ada kesan pembiaran oleh Pemkot.

“Kalau pemerintahan keraton ya silahkan. Biar keraton sendiri yang membentuk, Sinuhun sendiri yang membentuk. Pemkot hanya tidak ingin yang namanya aset negara yang dilindungi undang-undang ini ada semacam pembiaran atas kerusakan aset itu sendiri. Yang penting tidak terkena pasal UU 11 2010 tentag Benda Cagar Budaya (BCB) yakni pembiaran BCB,” jelasnya.

Menurut Walikota, kerusakan yang terjadi di Sasono Sewoko atau bangunan lain di keraton nantinya bisa dianggap sebagai pembiaran jika pemkot tidak turun tangan. Pihaknya meminta semua pihak menyelesaikanj persoalan yang ada sehingga terhindar dari pasal pembiaran.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge