0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nonton Festival Wayang Bocah di Sriwedari

Idokan Arjuna tapi Pilih Jadi Penabuh Gamelan

Salah satu adegan salah satu peserta Festival Wayang Orang Bocah di Gedung Wayang Orang Sriwedari, (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo – Dengan masih mengenakan seragam sekolah, Raditya Indi, siswa kelas IX SMPN 5 Surakarta mengambil duduk di deretan kursi penonton sisi tengah Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari. Pagi itu, ia bersama rekan-rekannya dengan diantar pihak sekolah menyaksikan Festival Wayang Bocah yang dibuka pagi itu, Senin (16/9). Mereka sengaja datang menyaksikan festival itu memenuhi undangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo selaku penyelenggara festival.

“Saya memang suka nonton wayang. Biasanya saya juga sering nonton di sini (GWO Sriwedari). Biasanya setiap malam Minggu,” kata Raditya kepada Timlo.net, di sela pertunjukkan.

Raditya mengaku, dirinya mulai menyukai wayang sejak adanya pertunjukan wayang di sekolahnya. Dalam tokoh wayang pun, ia mengidolakan sosok Arjuna yang ganteng dan gagah. Meski menyukai tokoh wayang, Raditya mengaku tidak ingin memainkan tokoh tersebut. Jika ada kesempatan bermain wayang orang, ia justru ingin sebagai penabuh gamelan.

“Saya suka Arjuna. Soalnya ganteng dan gagah. Tapi saya nggak pengen main wayang. Kalau ditawari saya pilih main gamelan saja,” tutur bocah yang mengaku sudah dua kali menonton gelaran budaya tersebut.

Festival Wayang Bocah berlangsung hari ini, Senin (16/9) sampai Rabu (18/9). Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Widdi Srihanto mengatakan Festival Wayang Bocah yang ke empat kalinya ini diharapkan bisa mengenalkan wayang kepada anak-anak sekaligus membentuk generasi baru pecinta wayang orang.

Disinggung soal tema, Widdhi menjelaskan festival ini mengambil tema Luhuring Budaya Mahanani Kuncaraning Bangsa. “Artinya budaya luhur yang kita lestarikan ini bisa membawa dampak nama baik bangsa dan negara khusunya Kota Solo,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge