0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hasil Syrvei MPR

94 % Warga Indonesia Kenali 4 Pilar Kebangsaan

Wakil Ketua MPR RI, Hajriyanto Yasin Thohari (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Sukoharjo — Upaya Majelis Pemusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) dalam menggencarkan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD Negara RI tahun 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika ke pelosok negeri seluruh Nusantara menuai hasil yang positif.

Dari hasil survei MPR RI bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta dan Stara Institut, bahwa pengenalan 4 Pilar Kebangsaan kepada warga Indonesia yang digiatkan MPR RI sejak tahun 2009 telah mencapai angka 94 persen.

Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Tohari mengatakan, meski pengenalan 4 Pilar di masyarakat berdasarkan hasil survei sudah mencapai 94 persen, namun hal itu tidak menghentikan upaya sosilasisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh MPR RI.

Menurutnya, pengenalan 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat Indonesia lebih mudah dibandingkan mengajak untuk pengahayatan 4 Pilar Kebangsaan tersebut.

“Tentunya bukan hanya dikenalkan mengenai 4 Pilar Kebangsaan. Yang sulit itu adalah penghayatannya. Maka penghayatan itu yang lebih penting. Bagaimana 4 Pilar Kebangsaan ini bisa dikenal sekaligus dihayati oleh masyarakat Indonesia,” ujar Hajriyanto Tohari saat di temui di Sukoharjo Minggu (15/9).

Menuruynya, 4 Pilar Kebangsaan harus digelorakan terus menerus agar nasionalisme dikalangan warga Negara Indonesia tetap terjaga. Karena Kemerosotan nasionalisme sangat berdampak besar pada penurunan ideologi bangsa yang dikhawatirkan akan berbahaya bagi keutuhan NKRI.

“Jika nasionalisme luntur, dan ideologi bangsa dalam 4 Pilar ini merosot, konsekuensinya adalah akan sangat berbahaya bagi keutuhan NKRI,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge