0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Forum Internet Marketing Indonesia JISPortal Gelar Kopi Darat di Solo

Acara kopi darat JISPortal. (Dok:Timlo.net/ Istimewa)

Solo — Salah satu forum Internet marketing Indonesia, JISPortal mengadakan acara kopi darat pada Sabtu (14/9) sore di Griya Tumpeng  Solo, Jl Dr Supomo, Solo. Acara kopi darat tersebut dihadiri sekitar 30 orang anggota forum dari berbagai wilayah di Indonesia.

Berdirinya forum ini berawal dari keinginan beberapa orang yang ingin mendirikan sebuah forum alternatif dari sebuah forum Internet marketing yang populer di Indonesia. “Forum tersebut khusus membahas Adsense dan cara-cara white hat, sementara kami membahas berbagai macam cara,” ujar Mohammad Masrur, ketua JISPortal.

Selain itu, forum ini juga membahas berbagai macam program mencari uang lewat Internet entah lewat program CPA (click per action) seperti Amazon atau ClickBank, CPC (click per cost) seperti Adsense dan Chitika dan program-program lain.

Ada sebuah cerita lucu dibalik berdirinya forum ini. JIS sendiri ternyata tidak memiliki makna khusus. “Kebetulan waktu itu ada salah seorang anggota yang memiliki sebuah alamat domain yang nganggur bernama JISPortal, jadi kami pakai alamat itu,” terang Masrur.

Member aktif forum ini sendiri berjumlah kurang lebih 50 orang dari berbagai wilayah dan memiliki lima admin. Kebanyakan member merupakan pebisnis online yang sudah mapan. Hal ini diakui Masrur menimbulkan kendala tersendiri, “Karena anggota kebanyakan sudah mature, mereka jarang aktif di forum. Tapi setiap ada acara kopi darat atau gathering mereka pasti ikut,” terang pria asal Surabaya tersebut.

Setiap tahunnya mereka mengadakan dua event yaitu pre-gathering dan gathering nasional. Misalnya tahun 2009, forum ini mengadakan gathering nasional di Batu, Malang. Pada 2010 mereka mengadakan gathering nasional di Yogyakarta.

Pada akhir 2012, JISPortal sendiri sempat vakum. Masrur mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengubah sifat forum dari yang semula untuk umum menjadi sebuah private community. “Kami akan membuat forum ekslusif. Member dicari yang benar-benar aktif. Sementara orang yang ingin bergabung hanya bisa bila diinvite oleh member lain,” ujar pria yang pernah bekerja kepala accounting salah satu perusahaan finance nasional tersebut.

Masrur mengatakan bahwa dalam acara kopi darat yang digelar di Solo selama dua hari (Sabtu-Minggu, 14-15 September) ini memang tidak ada topik khusus yang dibahas. “Biasanya topik yang dibahas tergantung dari apa yang ingin dibicarakan oleh para anggota yang ikut acara kopi darat,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge