0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Warga Miskin, Wonogiri Maksimalkan Gudang Cadangan Pangan

Sosialisasi gudang cadangan pangan di Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Kabupaten Wonogiri saat ini mulai memaksimalkan pengisian ketersediaan pangan dalam gudang cadangan pangan. Hal ini berkaitan dengan banyaknya warga miskin, kekurangan pangan dan gejolak harga, maupun saat terjadi keadaan darurat seperti bencana.

PLt Sekda Wonogiri Suharno melalui Asisten Setda Bambang Haryadi menyebutkan, berdasarkan data Wonogiri Dalam Angka 2012, masih banyak warga miskin dan rentan terhadap rawan pangan. Jumlahnya mencapai 39,06 persen dari total penduduk sekitar 1,2 juta jiwa, alias sekitar sepertiga dari jumlah penduduk Wonogiri.

“Disamping masih banyak penduduk miskin, situasi iklim saat ini tidak menentu. Hal ini menyebabkan seringnya terjadi bencana seperti longsor, banjir, atau kekeringan. Sehingga saat ini telah dilakukan pengisian gudang dalam bentuk gabah kering giling di 24 gudang cadangan pangan,” ujar Bambang saat membuka sosialisasi gudang cadangan pangan di Ruang Data komplek Setda setempat, Senin (16/9).

Menurut Bambang, pengisian gabah kering giling sebanyak 33.650 kilogram. Pengisian bakal terus dilakukan hingga saat tahun 2015 ditargetkan gudang akan terisi minimal 60 persen dari 100 ton ekuivalen. Angka 100 ton ini, lanjut dia, didasarkan Permentan Nomor 65/OT.140/12/2010 tentang standar pelayanan minimal bidang ketahanan pangan.

Masih ada faktor lain yang dijadikan pemkab Wonogiri sebagai dasar penyediaan cadangan pangan. Seperti kondisi ketahanan pangan saat masa tidak panen yang sering tidak stabil. Juga kepentingan cadangan pangan untuk dijadikan instrumen kestabilan harga.

“Kalau kondisi secara makro tahun 2013 ini menunjukkan kokoh. Beras surplus 180.317 ton hingga Juli akhir,” lanjutnya.

Disinggung soal laporan kekurangan pangan, mantan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) ini menyebut belum ada. Kendati demikian upaya antisipasi tetap harus dilakukan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge