0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Potong Melambung

Menjelang Hari Raya Idhul Adha, harga sapi kurban terus merangkak naik. (dok.timlo.net/agung)

Wonogiri —  Menjelang Idul Adha atau Hari Raya Kurban, harga sapi potong di Wonogiri mengalami kenaikan. Kini harga per ekornya mencapai Rp 12 juta. Sebelumnya masih di kisaran Rp 11 juta.

Kabid Peternakan, Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri, Gatot Siswoyo, mewakili Kadinas, Rully Pramono Retno, Minggu (15/9), menjelaskan, selain harga naik, permintaan akan sapi potong juga mengalami penambahan.

“Semula harganya Rp 11 juta, sejak dua pekan ini sudah menjadi Rp 12 juta per ekor hidup. Permintaan juga meningkat, dari semula 100 hingga 150 ekor per hari, tetapi kini mencapai 300 ekor per hari. Bisa naik harga dan permintaannya, karena pedagang di Jawa Barat dan Jakarta menyetok sapi untuk dijual pas Hari Raya, ” ujar Gatot.

Menurutnya, ada 3 macam sapi potong yang saat ini banyak diminta pedagang Jabar dan Jakarta. Yakni, Simental, Limousin dan Brahman. Soal ketersediaan ketiganya, Gatot mengaku masih mencukupi yakni ada 15.000-16.000 ekor sapi.

Camat Puhpelem, Agus Hendradi, ketika dihubungi secara terpisah menyebutkan, wilayahnya menjadi salah satu sentra sapi potong di Wonogiri. Dia berkata, permintaan akan terus datang, hingga nanti saat menjelang Idul Adha.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge