0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hindari Pendaki Tersesat, BTNGM Pasang Pal Hektometer di Merapi

Sejumlah pendaki bersiap menuju Gunung Merapi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali –– Pendaki Gunung Merapi tak perlu lagi khawatir tersesat karena sekarang sudah terpasang petunjuk arah atau hektometer. Petunjuk arah dipasang di 34 titik mulai dari pintu masuk New Selo hingga paling ujung 40 meter dari kawah.

Petunjuk arah tersebut sengaja dipasang oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi resort Selo, menyusul banyaknya keluhan dari pendaki, tidak adanya petunjuk arah. Ketiadaan petunjuk arah ini salah satu sebabnya Erupsi Merapi. Dimana jalur pendakian ke Puncak Merapi rusak akibat erupsi Merapi 2010 lalu.

“Jalur pendakian sudah rusak, bagi pemula kondisi ini akan membingungkan, terutama bila hujan dan kabut, maka tidak heran banyak yang tersesat,” ungkap petugas BTNGM Resort Selo, Suwiknyo ditemui di kantornya, Minggu (15/9).

Dijelaskan Pal Hektometer dipasang di 34 titik dengan jarak 100 meter pertitik. Meski begitu, hektometer yang terpasang masih bersifat sementara,hanya berupa balok kayu bercat hijau. Selain itu, BTNGM juga memasang tanpa stop, larangan bagi pendaki agar pendaki tahu larangan selama mendaki Merapi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge